Minggu, 18 November 2018 12:36 WIB
pmk

Internasional

Cerita Salah Paham di Balik Foto Terduga Pembunuh Razan

Redaktur: Redjo Prahananda

Suhair Nafal, wanita pemosting foto Rebecca dan Razzan atas krisis Israel-Palestina

INDOPOS.CO.ID - Kematian petugas media asal Palestina, Razzan Al-Najjar terus menjadi sorotan dunia. Belakangan, beredar foto wanita Israel pencabut nyawa Razzan di dunia maya.

Tentara wanita itu disebut-sebut bernama Rebecca. Lahir di Amerika Serikat, Rebecca memilih tinggal di Israel dan menjadi pasukan elite di sana.  Namun di balik foto viral Rebecca, terselip nama Suhair Nafal.

Suhair tanpa sengaja memposting perbandingan foto Rebecca dengan Razan untuk menganalogikan sikap Israel terhadap Palestina. Sehingga, terbentuk persepsi Rebecca tentara pencabut nyawa Razan, padahal bukan. Dia kemudian meluruskan postingan tersebut

"Postingan saya jelas tidak mengatakan, Rebecca membunuh Razan. Bila Anda mengartikan seperti itu, Anda salah paham," tulis Suhair melalui Facebook. Postingan itu berdampak masif karena nama Rebecca sudah 'tercemar'.

Netizen merespon postingan Suhair. Mary Huges Thompson memberikan komentar pedas atas klarifikasi Suhair, "Kalau itu terjadi pada saya, saya  bakal segera menghapus postingan itu. Saya pikir kalau Anda tidak memposting kedua foto itu (foto Rebecca dan Raza), prasangka (untuk Rebecca) itu tidak pernah muncul," 

Rebecca menjadi korban dalam postingan 'Freedom for Gaza' mengaku ketakutan setelah kematian Razzan Najjar. Karena stigma pembunuh Razan sudah melekat, banyak orang mencaci maki. "Postingan itu menyebabkan ratusan pesan kebencian dan ancaman pembunuhan terhadap hidup saya dan teman-teman saya."

(cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #razzan-najjar #israel #palestina 

Berita Terkait

Mesir Desak Israel Stop Kekerasan di Gaza

Internasional

Mesir Desak Israel Stop Kekerasan di Gaza

Internasional

Damaikan Palestina dan Korea

Headline

Saudi Borong 500 Tank Merkava Israel

Internasional

IKLAN