Kamis, 16 Agustus 2018 07:00 WIB
pmk

Nasional

Tingkatkan Perekonomian Nasional, Kementan Dorong Sektor Perkebunan

Redaktur: Ahmad Nugraha

Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian Bambang Wahyu Dwiantoro.

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong produktifitas perkebunan dengan melibatkan peran pemerintah daerah (Pemda). Pasalnya, hingga saat ini peran Pemda masih sangat kecil. Sehingga perkembangan perkebunan di desa masih minim.

"Kami ingin menyadarkan Pemda, seberapa penting perkebunan pada peningkatan perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja," ujar Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian Bambang Wahyu Dwiantoro di kantornya, Selasa (5/6).

Menurut Bambang, upaya replanting atau penanaman kebun kembali terus dilakukan. Pada tahun 2017 lalu, anggaran program tersebut diperuntukkan 20.700 Hektar (Ha). Sementara tahun ini ditargetkan di 83 ribu Ha perkebunan.

"Tahun 2017 lalu kendalanya karena kita diberikan  waktu hanya 3 bulan. Jadi realisasi replanting baru 14 ribu Ha, sisanya akan dicairkan tahun ini," katanya.

Lebih jauh, Bambang menyebutkan, anggaran perkebunan diprioritaskan pada enam komoditas perkebunan. Seperti: Pala, kelapa, kopi, lada, karet dan kakao.

"78 persen atau Rp.1,2 miliar diprioritaskan untuk pengembangan komunitas atau menyentuh langsung petani," katanya.

Sementara, lanjut Bambang untuk meningkatkan pangan maka pihaknya mendorong desa mandiri benih, mendorong penyediaan benih secara swakelola dan mendorong pengembangan pembenihan perkebunan di daerah. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kementan #sektorpebunan 

Berita Terkait

IKLAN