Minggu, 23 September 2018 07:59 WIB
pmk

Kesehatan

Pola Puasa Baik untuk Pasien Diabetes, Begini Aturannya

Redaktur: Novita Amelilawaty

INDOPOS.CO.ID - Dokter ahli penyakit dalam dari Universitas Indonesia, dr. Em Yunir SpPD, KEMD, menilai pasien diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2 diperbolehkan untuk berpuasa asalkan memenuhi kondisi tertentu dan memahami risiko yang bakal terjadi.

Menurut Em-sapaan akrabnya, tak jarang penderita diabetes tetap mencoba untuk berpuasa meski diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Karena umat Islam ingin tetap mendapatkan keberkahan dan pahala di bulan Ramadan, termasuk penderita diabetes itu.

“Pasien diabetes yang berpuasa bakal mengalami perubahan kadar gula darah karena tidak menerima asupan makanan dalam waktu lama,” kata dokter 62 tahun itu, di Jakarta, Rabu (6/6).

Pria kelahiran Jakarta itu menyarankan pasien diabetes berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, jika ingin tetap menjalankan ibadah puasa. Agar bisa mendapatkan solusi terbaik, baik dari segi pola makan dan pengobatan selama berpuasa.

Em juga menambahkan, pasien diabetes diminta untuk tidak terlalu mengubah drastis pola makan. Mereka disarankan untuk mendapatkan asupan karbohidrat kompleks saat sahur dan karbohidrat sederhana saat berbuka.

Bahkan penderita diwajibkan untuk menghindari makanan siap saji, gorengan, serta makanan dan minuman bergula. Selain itu juga pasien diabetes mesti selalu patuh pada kalori yang boleh dikonsumsi sesuai anjuran dokter. “Perbanyak minum di malam hari agar tidak dehidrasi dan sahur mendekati waktu imsak. Jangan sahur telalu dini hari dan jangan makan berlebihan,” tambah Em.

Pasien diabetes juga harus rutin mengecek kadar gula darah ketika berpuasa. Jika, kadar sudah mendekati 60 mg/dL dan waktu berpuasa masih panjang, sebaiknya puasa segera dibatalkan.

Meski begitu, aktivitas fisik saat berpuasa juga jangan dilupakan. Hanya saja hindarilah olahraga jelang berbuka dan sebaiknya menggantinya setelah berbuka puasa untuk mencegah dehidrasi. (mar)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Lawan Stigma dengan Lari Marathon

Lifestyle

Sunglasses Tangkal Katarak Dini

Kesehatan

Seksi Sixpack Tanpa Sit Up

Kesehatan

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

Lasik, Tindakan Cepat Persiapan Lama

Kesehatan

IKLAN