Selasa, 18 September 2018 11:06 WIB
pmk

Nasional

Konsumsi Pertamax Naik 30 persen, Pertamina Sumbagsel Siap Hadapi Mudik

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi. Foto: DOK. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - PT Pertamina Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) menyatakan kesiapan menghadapi arus mudik dalam libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Puncak arus mudik diprediksi di wilayah ini akan terjadi pada Sabtu (8/6) akhir pekan nanti. General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel Erwin Hiswanto mengatakan,  sudah siap siaga sejak H-20 lalu atau hampir sebulan mempersiapkan lonjakan arus pemudik.

Erwin tenang dengan ancaman kelangkaan, sebab di wilayah mereka banyak terdapat kilang minyak serta stok persediaan masih sangat mencukupi untuk 10 hari mendatang.

"Wilayah Sumbagsel juga bukan wilayah pemudik besar, hanya saja sebagaian pemudik melintas," ucap dia di Palembang Sumatera Selatan, Rabu (6/6).

Dia memprediksi, BBM jenis Pertamax bakal mengalami peningkatan sebesar 30 persen. Menurut Erwin, kondisi ini dipicu lantaran banyak warga yang melakukan perjalanan jauh dan cenderung memilih BBM yang berkualitas bagus. "Supaya tarikannya bagus," kata dia.

Beberapa jenis BBM lain juga mengalami peningkatan tapi tak setinggi pertamax. Erwin memprediksi, Kerosene (minyak tanah)  naik 9 persen, premium 15 persen dan pertalite 19 persen. Namun BBM jenis solar justru turun karena industri banyak yang libur.

Sementara itu jumlah SPBU di wilayah Sumbagsel meliputi Bangka Belitung ada 60 spbu, Bengkulu 40 spbu, Jambi 78 spbu, Lampung 149 spbu dan Sumsel 137 spbu. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pertamina #bbm #arus-mudik #lebaran 

Berita Terkait

IKLAN