Senin, 18 Juni 2018 02:38 WIB
bjb idul fitri

Banten Raya

Pendatang Baru Serbu Kabupaten Tangerang

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Setelah lebaran, warga pendatang diprediksi bakal memadati Kabupaten Tangerang. Lonjakan urbanisasi ini muncul karena  ribuan pabrik di wilayah tersebut mencari pekerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Jarnaji mengatakan, lonjakan pendatang baru tersebut diprediksi mencapai 80 ribu lebih orang. Pendatang baru ini, datang dari berbagai daerah. Seperti Jawa Tengah dan Timur, Sumatera dan beberapa wilayah Timur.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

"Kabupaten Tangerang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta menjadi daerah pengembangan kawasan industri dan UKM. Kondisi ini menjadi daya tarik bagi pendatang. Nah ini membuat pendatang baru melonjak," tegas dia pada INDOPOS, Rabu (6/6).

Data Disnaker Kabupaten Tangerang pada 2016 jumlah pendatang baru mencapai 40 ribu orang. Kemudian naik pada 2017 mencapai 47 ribu orang. Sedangkan dari Januari sampai Maret 2018 ini saja jumlahnya mencapai 52.527 orang. Mayoritas pendatang ini merupakan pencari kerja di Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, ada kekhawatiran Pemkab Tangerang terhadap pendatang baru ini. Salah satunya menyebabkan penambahan pengangguran dan tingkat kriminalitas di wilayah tersebut.

"Pasti kasus sosial dan pelanggaran hukum akab tinggi. Jelas ini akan jadi masalah dan sorotan publik," ujar Jarnaji.

Ditanya soal penanganan pendatang baru, Jarnaji mengaku, belum dapat menjelaskan hal tersebut. Namun begitu, Disnaker Kabupaten Tangerang telah mengimbau pemilik industri dapat menyerap tenaga kerja lokal dan pendatang tersebut.

Disnaker mengusulkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan operasi yustisi dan memulangkan pendatang baru tersebut. "Kalau tidak punya pekerjaan dan tidak punya domisili harus dikembalikan ke kampung halaman. Jika dibiarkan akan menimbulkan persoalan bagi kota ini," imbuh dia. (cok)


TOPIK BERITA TERKAIT: #arus-mudik #lebaran 

Berita Terkait

Hari pertama lebaran Tol Masih Padat

Jakarta Raya

Sore ini Kemenag Gelar Sidang Isbat

Nasional

IKLAN