Rabu, 20 Juni 2018 06:30 WIB
bjb idul fitri

Megapolitan

Ribuan TKK Tak Dapat THR

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Sebanyak 5.151 pegawai Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dipastikan tidak akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini. Lantaran, pemerintah daerah setempat hanya mengalokasikan THR untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pemerintah setempat menyiapkan dana Rp 65 miliar untuk pembayaran THR untuk Lebaran bagi 12.759 ASN yang bekerja di Kota Bekasi. Dana THR itu diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang berasal dari pemerintah pusat.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

”DAU kita tahun ini nilainya Rp 1,7 triliun. Dana itu untuk kebutuhan belanja pegawai termasuk untuk THR,” terang Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bekasi, Sopandi Budiman, Selasa (5/6). Dia juga memastikan, seluruh ASN mendapatkan THR. ”Semua ASN di lingkungan Pemkot Bekasi dapat THR tanpa kecuali," katanya juga.

Dia memaparkan, komponen THR sesuai beberapa aspek yakni tunjangan jabatan, tunjangan keluarga dan tunjangan kinerja. ”Secara akumulatif akan dijadikan satu dan hasilnya dapat angka nominal THR," paparnya juga.

Nilai setiap ASN mendapatkan THR sesuai sesuai pangkat dan masa kerja. Besaran THR antara Rp 2 juta sampai Rp 8 juta. ”Tertinggi penerima THR adalah eselon II nilainya Rp 7-8 juta dan terendah staf dengan nilai sekitar Rp 2 jutaan,” cetusnya juga (selengkapanya lihat grafis).

Sopandi juga mengaku masih melakukan proses administrasi pencairan THR tersebut. Lantaran, dana THR setiap ASN akan ditransfer ke masing-masing rekeningnya. ”Kita tidak memberikan tunai. Semuanya di transfer sama seperti pemberian gaji dan tunjangan," ujarnya lagi.

Perlu diketahui, jumlah ASN di lingkungan Pemkot Bekasi mencapai 12.759 orang. Selain ASN, juga terdapat sebanyak 5.151 pegawai TKK yang sudah mengabdi bertahun-tahun di Pemkot Bekasi.

Sementara itu, Kabid Anggaran pada BPKAD Kota Bekasi, Imam Yahdi mengatakan kalau pegawai TKK tidak akan menerima THR. Lantaran, honor ribuan TKK tidak masuk dalam alokasi anggaran. ”Yang dapat THR hanya ASN, pegawai TKK tidak dapat,” terangnya.

Dia juga mengatakan, proses pencairan THR akan dilakukan secepatnya. Imam menegaskan, THR akan diberikan sebelum masa cuti Lebaran kepada setiap PNS melalui rekening masing-masing. ”Paling telat, Jumat dana THR sudah cair," jelasnya.

Terpisah, Pengamat Perkotaan dari Universitas Islam (Unisma) 45 Bekasi, Adi Susila mengatakan pemberian THR memang sudah tradisi seluruh pekerja termasuk PNS setiap Lebaran. Hanya saja, dia berharap pemberian THR itu tidak mengganggu dana pembangunan.

”Karena tidak sedikit anggaran yang dikeluarkan untuk THR," katanya. Apalagi, kata Adi juga, APBD Kota Bekasi 2018 mengalami defisit. Jadi, katnya juga, perlu skala prioritas penggunaan anggaran. ”Kalau sudah ada tidak jadi soal. Tapi tetap pembangunan infrastruktur jangan dilupakan,” cetusnya. (dny)

Besaran THR ASN Kota Bekasi

1.  Eselon II

Nilai      : Rp 7 jutaan-Rp 8 jutaan/pegawai

2.  Eselon III

Nilai      : Rp 5 jutaan/pegawai

3.  Eselon IV

Nilai      : Rp 3,5 jutaan/pegwai

4.  Staf

Nilai      : Rp Rp 2 jutaan/pegawai

Jumlah PNS        : 12.759 orang

Jumlah THR       : Rp 65 miliar


TOPIK BERITA TERKAIT: #thr 

Berita Terkait

IKLAN