Hukum

BREAKING NEWS: Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar Tersangka

Redaktur:
BREAKING NEWS: Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar Tersangka - Hukum

Foto: Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo dan Walikota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar sebagai tersangka suap pengadaan barang dan jaya atau penerimaan hadiah dan janji di dua daerah tersebut.

Selain Bupati Tulungagung, KPK juga menetapkan Agus Prayitno (swasta), Sutrisno (Kadis PUPR Kabupaten Tulungagung) dan juga Susilo Prabowo (kontraktor) sebagai pemberi suap.

Dalam kasus tersebut Bupati Tulungagung diduga menerima uang sebesar Rp 1 miliar terkait fee proyek pembangunan infrastruktur peningkatan jalan pada Dinas PUPR. Pemberian tersebut sebagai yang ketiga, sebelumnya diduga menerima pemberian pertama sebesar Rp 500 juta dan pemberian kedua sebesar Rp 1 miliar.

Sementara untuk perkara di Blitar, selain menetapkan Wali Kota,KPK juga menetapkan Bambang Purnomo (swasta) dan Susilo Prabowo (kontraktor) sebagai pemberi suap.

Diduga Walikota menerima suap senilai Rp 1,5 miliar terkait ijon proyek pembangunan sekolah lanjutan pertama di Blitar dengan kontrak sebesar Rp 23 miliar. Fee tersebut diduga bagian dari 8 persen yang menjadi bagian untuk walikota dari total fee 10 persen yang disepakati. Sedangkan 2 persennya akan dibagikan kepada dinas.

Dalam kegiatan tersebut KPK mengamankan total sejumlah barang bukti yang diduga terkait tindak pidana diantaranya uang rupiah sebesar Rp 2,5 miliar dalam pecahan seratur dan lima puluh ribu, bukti transaksi perbankan dan catatan proyek.

“KPK meyakini telah ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan Bupati Tulungagung dan Walikota Blitar sebagai tersangka, maka dihimbau agar keduanya bersikap kooperatif dan segera menyerahkan diri ke KPK,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di kantornya, Jumat (8/6). (nue)

Berita Terkait

Hukum / Swasta Berani Korupsi, KPK akan Cabut Hak Korporasinya

Headline / Kasus Bank Century Temui Titik Terang

Headline / Syahri Mulyo Hanya 10 Menit Jadi Bupati

Nasional / KPK Beri Hukuman Tambahan Koruptor dengan Pencabutan Hak Politik

Hukum / Video Viral Zumi Zola Berkeliaran di Bandara, Ini Kata Pengacara

Nasional / KPK Hati-Hati Dalami Kemungkinan Golkar Terima Suap PLTU


Baca Juga !.