Rabu, 20 Juni 2018 06:41 WIB
bjb idul fitri

News in Depth

Terminal Rawamangun Mulai Padat

Redaktur:

ANTRE-Para pemudik mulai berdatangan ke Terminal Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (8/6). Foto: Joesvicar Iqbal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Para pemudik mulai memadati Terminal Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (8/6). Hingga kemarin, terminal tersebut sudah memberangkatkan 156 penumpang menuju Sumatera.  

"Untuk Terminal Rawamangun ini memang khusus diperbantukan untuk pemudik yang hendak menuju Sumatera," jelas Kepala Terminal Rawamangun Bastian kepada INDOPOS. Dia menjelaskan, 11 armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) memberangkatkan 156 penumpang tujuan Padang, Sumatera Selatan dan Palembang, Sumatera Selatan.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

Dia memprediksi, tiga hari kedepan arus mudik akan mencapai puncaknya. Selain ke kawasan Sumatera, pihaknya juga akan menerima kedatangan bus AKAP dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Tapi untuk bus ke Jateng dan Jatim kemungkinan baru datang besok (hari ini, Red), imbuhnya. Bastian juga menjelaskan, pihaknya menyiapkan 32 orang petugas Dinas Perhubungan (Dishub) untuk dua shift. 

Untuk keamanan, petugas Polda Metro Jaya bersama anjing pelacak sudah berkeliling sekitar pukuk 11.00. "Polisi menyisir melakukan pengecekan keamanan terminal," ujarnya.

Dia mengimbau kepada para pemudik agar selalu berhati-hati, membawa barang bawaan dan uang secukupnya saja. "Kalau tidak kenal jangan menerima pemberian orang itu, untuk menghindari dari kasus hipnotis," imbaunya.

Sementara itu, di hari yang sama, Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan juga mendirikan Posko Pengawasan dan Pengendalian Bus Angkutan Lebaran di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Posko akan melayani arus mudik dan arus balik, mulai dari 7-24 Juni 2018 mendatang.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto mengatakan, Terminal Lebak Bulus telah ditunjuk sebagai terminal bantuan untuk arus mudik dan arus balik di wilayah Jakarta Selatan. Pihaknya pun melakukan berbagai persiapan untuk melayani penumpang.

"Kami dirikan posko di Terminal Lebak Bulus, ada 17 petugas yang standby di lokasi," ujar Christianto, Jumat (8/6) kemarin.

Kepala Seksi Angkutan Jalan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Afrinda Tri Wardhani mengatakan, pengujian kendaraan bermotor (ramp check) untuk Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dilakukan oleh PKB Jagakarsa. Pengecekan tidak hanya dilakukan untuk kondisi kelaikan bus tetapi juga kelengkapan surat-surat dan kesehatan sopir. Hal ini dilakukan, untuk mengurangi resiko kecelakaan saat perjalanan. (ibl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mudik-2018 

Berita Terkait

Perpanjangan Layanan KA Bandara Dimulai

Nasional

Mudik, 1.300 Personil Kawal Jokowi

News in Depth

Mudik Bareng, Guyub Rukun dengan Kereta Api

News in Depth

Puncak Arus Balik Lebaran Diproyeksi 19-20 Juni

News in Depth

IKLAN