X CLOSE Laporan Kinerja DKPP
Rabu, 19 Desember 2018 12:48 WIB

Moto GP

Iannone Resmi Ke Aprilia

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge

TAMBATAN BARU - Andrea Iannone akhirnya memilih Aprilia pada musim balap 2019. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Satu per satu puzzle yang membentuk line up pembalap MotoGP 2019 terpasang. Andrea Iannone yang baru diumumkan secara resmi meninggalkan Suzuki dua hari lalu memastikan berlabuh ke tim pabrikan Italia, Aprilia. Dia terikat kontrak untuk dua tahun ke depan.

Saat mengikuti musim debutnya bersama Suzuki 2017, capaian terbaik Iannone adalah finis keempat. Sangat jauh dari harapan Suzuki. Di tahun keduanya, musim ini, performanya menanjak. Dua podium beruntun diraihnya di GP Amerika Serikat dan Spanyol. Tapi itu tidak cukup untuk membuat Suzuki mempertahankannya.

Suzuki sebelumnya sudah lebih dulu memperpanjang kontrak rekan satu satu Iannone, Alex Rins. Kabarnya, Rins memiliki peran lebih besar dalam pengembangan motor GSX-RR 1000 hingga mampu bersaing dengan tim pabrikan lainnya. Legenda Suzuki Kevin Schwantz beberapa kali mengkritik lemahnya performa Iannone. ''Sebagai pembalap yang pernah menang dengan Ducati semestinya tim tinggal mengikuti arah pengembangannya. Terutama pada musim pertama,'' kritiknya.

Saat ini Suzuki sedang menyelesaikan kontrak dengan bintang Moto2 Joan Mir sebagai pengganti Iannone. Pengumuman resminya hanya tinggal menunggu waktu. Saat ini, Mir bercokol di posisi kelima klasemen Moto2 setelah finis dua kali di podium di musim debutnya. Pembalap Spanyol tersebut adalah juara Moto3 2017.

Di Aprilia, Iannone akan menggantikan Scott Redding. Partnernya adalah Aleix Espargaro, yang akan memasuki musim ketiganya bersama skuat Noale tersebut tahun depan. ''Dengan kehadiran Iannone kini kami memiliki pembalap berbakat dan tentu saja sangat cepat. Lebih istimewa lagi karena kami memiliki pembalap Italia yang bakal mengendarai motor Italia,'' ucap Manajer Tim Aprilia Romano Albesiano.

Dengan sebagian besar kursi balap yang mulai terisi, kemungkinan besar Scott Redding bakal kehilangan tempat untuk musim depan. Saat ini sejumlah kursi yang masih belum pasti penghuninya adalah dua tempat di Angel Nieto Team, masing-masing satu di Marc VDS, LCR, dan Avintia. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #motogp-2019 #andrea-iannone 

Berita Terkait

Lorenzo Diperlakukan Spesial

Total Sport

Menanti Aksi Iannone

Total Sport

Menanti Aksi Iannone

Total Sport

IKLAN