Selasa, 13 November 2018 12:29 WIB
pmk

Nasional

Pesan SBY Jelang Idul Fitri: Jangan Benturkan Pancasila dan Agama

Redaktur: Redjo Prahananda

Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Miftahul Hayat/Jawa Pos)

INDOPOS.CO.ID - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat menjaga ideologi Pancasila dan jangan membenturkan dengan agama. SBY merespon fenomena di akhir-akhir ini.

Presiden ke-6 Republik Indonesia ini menyampaikan pesan tersebut dalam acara Safari Ramadan dan temu kader Demokrat di Hall JCC, Senayan, Jakarta Selatan, (9/6) malam.

"Bangsa Indonesia menjungjung tinggi keadilan, termasuk keadilan sosial. Karena itu, saya mengajak jangan membenturkan Islam dengan Pancasila. Jangan membenturkan Pancasila dengan agama lain," ujar SBY.

Sebagai seorang muslim, SBY menjalankan syariat Islam. Tapi sebagai warga negara Indonesia, SBY mengakui Pancasila sebagai ideologi negara. Dia selalu berupaya menjalankan sila-sila pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Saya selalu percaya, sikap tersebut muncul di dalam hati dan pikiran saudara-saudara kaum muslimin dan muslimat," kata dia.

Dalam refleksi ramadan tahun ini, SBY  menyoroti persoalan bangsa dan berkaitan dengan masalah keadilan sosial saat ini, serta mengatasi bersama-sama. "Menjadi persoalan sekarang, pertama kemiskinan masih relatif tinggi, meskipun sejak 2007 terus menurun," ujar mantan Menkopolhukam ini.

Kemudian, ketimpangan atau kesenjangan sosial ekonomi semakin meningkat. Meskipun masalah ini bukan hanya melanda Indonesia, tetapi negara-negara maju sekalipun. "Memang ini tidak hanya Indonesia tapi oleh negara-negara lain, pertumbuhan ekonominya menurun." 

(rej)


TOPIK BERITA TERKAIT: #sby #partai-demokrat #pancasila 

Berita Terkait

PD Fokus Menangkan Caleg

Politik

Pemilu Sela AS, Demokrat Pimpin Kursi di DPR

Internasional

Calon Anggota Dewan Ingin Bantu Warga

Politik

Caleg Demokrat Targetkan 20 Ribu Suara

Politik

KPU Minta PD Teken Deklarasi

Nasional

IKLAN