Senin, 18 Juni 2018 02:34 WIB
bjb idul fitri

Hukum

Samsat Libur 9 Hari, Pajak Kendaraan yang Jatuh Tempo saat Samsat libur Tidak Didenda

Redaktur: Ahmad Nugraha

Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu Pratama (INDRA/INDOPOS)

INDOPOS.CO.ID - Direktorat Lalulintas Polda Metro memastikan tidak akan memberikan denda bagi setiap pemilik kendaraan yang pajak kendaraannya jatuh tempo pada 11 Juni - 20 Juni.

Alasannya, pelayanan Samsat (Satuan Manunggal Satu Atap) Polda Metro Jaya libur dan tidak memberi pelayanan pada tanggal tersebut. Hal itu disampaikan Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu Pratama.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

"Pelayanan Samsat di wilayah Polda Metro Jaya libur selama 9 hari cuti lebaran. Mulai Senin 11 Juni sampai  Rabu 20 Juni. Jadi karena libur maka dispensasi kami berikan kepada pemilik kendaraan yang pajaknya jatuh tempo pada tanggal tersebut. Bentuk dispensasinya tidak dikenakan denda," papar Bayu di Mapolda Metro Jaya, Senin (11/6).

Namun diwanti-wanti Bayu, dispensasi tersebut diberikan kepada setiap pemilik kendaraan yang mengurus pajaknya pada Rabu (21/6). "Jadi yang pajaknya jatuh tempo antara 11 Juni - 20 Juni, mala diwajibkan mengurus ke kantor Samsat terdekat pada 21 Juni. Lewat dari tanggal itu maka akan dikenakan denda," tegasnya.

Demi menghindari membeludaknya para wajib pajak, maka pihaknya akan memaksimalkan seluruh gerai samsat yang ada, serta samsat keliling.

Namun ada alternatif lain, walaupun kantor pelayanan Samsat libur selama cuti lebaran. Menurut Bayu para wajib pajak khusus untuk yang tinggal di Banten dan Jawa Barat bisa membayar pajak kendaraannya melalui E-Samsat, yakni pembayaran pajak kendaraan melalui ATM Bank DKI dan Bank BJB (Jawa Barat dan Banten).

"Sementara ini, untuk layanan E-Samsat yang operasional hanya wilayah Jabar dan Banten saja. E-Samsat DKI baru beroperasional kembali setelah cuti bersama," pungkas Bayu. (ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pajak-kendaraan #jatuh-tempo #samsat #polda-metro-jaya #bayu-pratama 

Berita Terkait

IKLAN