Rabu, 26 September 2018 08:05 WIB
pmk

Internasional

Dua Isu Krusial Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un

Redaktur: Redjo Prahananda

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un

INDOPOS.CO.ID - Presiden Amerika Serikat, (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un bakal saling bertatap muka di Singapura. Banyak pengamat menilai, momen ini menjadi pertemuan bersejarah kedua negara untuk mencairkan ketegangan antar negara.

Dua pemimpin negara tersebut sudah tiba di Singapura sejak Minggu, (10/6). Mereka menginap di hotel terpisah namun sama-sama berada di kawasan Orchard Road. Pertemuan ini berlangsung Selasa, (12/6) hari ini di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura.

Pertemuan antara Presiden AS dan Pemimpin Korea Utara ini pertama kali dalam sejarah. Sejumlah isu penting dunia masuk dalam pembahasan antara Trump dan Kim Jong Un. Salah satu isu panas dalam pertemuan nanti mengenai perdamaian di semenanjung Korea dan denuklirisasi.

Kantor Berita Korea Utara, Korean News Agency (KCNA) menyebut, pertemuan ini membahas kemungkinan pembentukan hubungan baru Korea Utara dan Amerika Serikat, sekaligus penetapan mekanisme menjaga perdamaian permanen di Semenanjung Korea. "Termasuk isu mewujudkan denuklirisasi," demikian keterangan KCNA dilansir dari Channel News Asia.

Kim Jong-un sampai di Singapura dengan menumpang pesawat Air China. Kim Jong-un datang didampingi Menteri Luar Negri Korea Utara, Ri Yong-ho, Menteri Pertahanan No Kwang-chol. Sampai di Singapura, Kim Jong-un menemui Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

"Dia (Kim Jong-un) mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Singapura untuk kerja sama tulus dalam menyediakan semua kondisi dan kenyamanan terbaik bagi pertemuan puncak dan pembicaran bersejarah antara Korea Utara dan Amerika Serikat," tulis KCNA.

(rej/channel news asia)


TOPIK BERITA TERKAIT: #donald-trump #kim-jong-un #pertemuan-trump-dan-kim-jong-un #amerika-serikat #korea-utara 

Berita Terkait

IKLAN