Rabu, 17 Oktober 2018 05:16 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Salah dan 28 Tahun Comeback Mesir

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge

BERLATIH NORMAL - Winger tim nasional Mesir Mohamed Salah bersama rekan-rekannya di Stadion Akhmat Arena, Selasa (12/6). 

AFRIKA sudah kebagian jatah lima wakil sejak Piala Dunia 1998. Tepatnya sejak Piala Dunia diikuti 32 negara. Tetapi, baru kali pada Piala Dunia 2018 atau dua dekade setelahnya negara-negara di belahan Afrika yang mendominasi. Ya dari lima wakil Afrika tahun ini, ada tiga negara dari Afrika Utara. Yaitu Maroko, Tunisia, dan Mesir.

Bahkan, lolos ke Piala Dunia jadi momen historis untuk Mesir yang balik ke Piala Dunia setelah 28 tahun. Di belakang The Pharaoh pun ada winger Liverpool, Mohamed Salah. Musim 2018-2018 sebelum Piala Dunia, Salah juga jadi buah bibir saat gagal membawa Liverpool jadi juara Liga Champions dan dia cedera yang nyaris membuatnya absen kali ini.

Momen kembalinya Salah ke lapangan pun selalu ditunggu, terutama soal kansnya main di laga pertama Mesir lawan Uruguay, Jumat malam (15/6). ''Salah terus mendapatkan perawatan, dari hari ke hari. Dia makin membaik. Meski kami tak bisa menyebutnya (main di laga pertama atau tidak). Tapi kami harap dia akan kembali ke kami sebelum Jumat,'' ungkap Direktur Timnas  Mesir di Moskow, Ehab Lehita, yang dikutip Goal, Selasa (12/6).

Kemarin WIB top scorer Premier League tersebut mulai latihan ringan di Akhmat Arena, Grozny. ''Bersama tim dokter kami akan terus memonitornya,'' lanjut Lehita kepada Sky Sports. Salah disebut bakal jadi pemecah perhatian dunia dalam sedekade persaingannya Lionel  Messi-Cristiano Ronaldo. 

Tak hanya Salah. Sensasi Tunisia juga jadi salah satu inti dari kekuatan Afrika utara pada tahun ini. Sebelum tumbang 0-1 atas Spanyol di laga uji coba (10/6), Wahbi Khazri dkk mampu unbeaten dalam sembilan laga sejak 12 Juni 2017. Termasuk mengalahkan Iran dan Kosta Rika yang notebene langganan Piala Dunia, dan menahan juara Eropa Portugal (29/5). 

''Kemarin (saat kalah dari Spanyol) menurut saya mereka layak menang. Ini sudah dapat menjadi konfirmasi bagi negara-negara lain di Piala Dunia, bahwa Tunisia bakal jadi kejutan di Piala Dunia,'' klaim Roberto Martinez, tactician Belgia dikutip African News. Maklum, Tunisia adalah rival Belgia di Grup G. Selain dua negara itu, Maroko juga tengah jadi favorit host Piala Dunia 2026. (jpg)




 
 


TOPIK BERITA TERKAIT: #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN