Kamis, 16 Agustus 2018 07:04 WIB
pmk

Nusantara

ASDP Prediksi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak H-2

Redaktur: Redjo Prahananda

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi (Foto: Sumarni/INDOPOS)

INDOPOS.CO.ID - Arus mudik dengan menggunakan jasa kapal laut diprediksi mengalami peningkatan mulai H-2 hari raya, atau (13/2) besok. Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) siap menghadapi lonjakan arus pemudik.

Menurut Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi, arus mudik dari Jakarta ke wilayah Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten, relatif ramai lancar sampai Selasa, (12/6) malam. Namun jumlah tersebut bisa meningkat sampai Kamis, (14/6). 

Berkaca dari pengalaman arus mudik tahun lalu, puncak kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak terjadi mendekati Idul Fitri. "Kami memperkirakan puncak arus mudik bisa kembali terjadi pada dua hari sebelum hari Lebaran (H-2)," kata Ira.

Selama mudik 2018, PT Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) Ferry Indonesia menyediakan 217 kapal, termasuk kapal swasta. Sedangkan, ASDP mengoperasikan 8 pelabuhan. "Delapan pelabuhan terbagi lagi menjadi 43 dermaga dengan 8 cabang tersebar di Indonesia," ujar Ira. 

Delapan pelabuhan tersebut masing-masing berada di Pelabuhan Merak dan Bakauheni dengan jumlah 68 kapal. Kemudian Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk sebanyak 56 kapal. Kemudian, Pelabuhan Lembar Lombok dan Padangbai Bali dengan jumlah 36 kapal. Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur dan Pototano Sumbawa sebanyak 24 kapal.

Pelabuhan Penajam dan Pelabuhan Mamuju Sulawesi Barat sebanyak 16 kapal. Kemudian ada Pelabuhan Bajoe dan Kolaka dengan 7 kapal dan terakhir Pelabuhan Tanjung Kelian di Bangka dengan 7 kapal

Sampai H-3 atau Selasa, (12/6), Polisi masih memantau pergerakan penumpang dan kendaraan, motor maupun mobil dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Arus mudik di dua pelabuhan penyebrangan ini baru mencapai sekitar 30 persen. 

Data tersebut disampaikan Kapolri Jenderal Pol, Tito Karnavian. “Lonjakan kendaraan pemudik bisa terjadi mulai Selasa, (12/6) sampai Kamis, (14/6) mempertimbangkan libur pegawai swasta serta pemudik berpindah menggunakan transportasi udara,” ucap Ira.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sendiri telah meninjau kesiapan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheuni, menyambut pemudik pada Senin, (11/6) kemarin. "Dari pantauan udara, Pelabuhan Merak dan Bakauheuni masih ramai lancar," ucap Menhub.  

(mar)


TOPIK BERITA TERKAIT: #arus-mudik-2018 #asdp 

Berita Terkait

IKLAN