Sabtu, 15 Desember 2018 07:16 WIB

Piala Dunia 2018

Tanding 120 Menit, Piala Dunia 2018 Izinkan Pergantian Pemain ke-4

Redaktur: Redjo Prahananda

Ketua Asosiasi Wasit FIFA, Pierluigi Colina

INDOPOS.CO.ID – Dalam tiga edisi terakhir, Piala Dunia selalu ditentukan lebih dari 90 menit. Adu penalti saat Italia jadi kampiun di Jerman 2006, lalu Spanyol,  dan Jerman harus memastikan trofi juaranya setelah menuntaskan laga lewat babak perpanjangan waktu Piala Dunia 2010 dan 2014.

Nah, meskipun tahun ini ada kans lebih dari 90 menit final berlangsung, terobosan FIFA bisa dinanti. Terobosan ini diyakini bisa menjaga performa tim yang bertanding tetap fresh, meski menjalani laga sampai babak perpanjangan waktu.  Sebab, mulai Piala Dunia 2018 ini FIFA mengaplikasikan pergantian pemain keempat. Khusus laga-laga fase knockout yang harus ditentukan lewat babak perpanjangan waktu.

''Regulasi yang membantu pelatih dalam segala hal. Mereka bisa memasukkan pemain di dalam timnya sebagai eksekutor penalti kalau mereka yakin laga ditentukan dari adu penalti. Di sisi lain pelatih pun bisa mengganti pemainnya yang kelelahan setelah main hampir 120 menit,''  tulis FIFA dalam pernyataannya terkait perubahan regulasi tersebut.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) telah merekomendasikan regulasi baru ini sejak dua tahun lalu. Sebelum konfiden menerapkannya di Rusia, FIFA menjajalnya di ajang Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Piala Dunia Antar Klub 2016 dan 2017. Sayang aturan baru ini  baru berfungsi di tiga laga Piala Dunia Antar Klub.

Sekali di final Piala Dunia Antar Klub 2016 antara Real Madrid kontra Kashima Antlers. Dua kali di edisi tahun lalu, yaitu pada penyisihan antara Pachuca kontra Wydad, plus sekali di semifinal saat Pachuca dikalahkan Gremio 0-1. Aturan ini sebenarnya juga sudah diterapkan di ajang-ajang lain yang tak digarap FIFA.

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) misalnya. Per musim kemarin, FA sudah memakainya di Piala FA. Itu diikuti Federasi Sepak Bola Skotlandia (SFA) dan Amerika Serikat (USSF). Di Skotlandia sudah dimulai di ajang Piala Skotlandia. Di AS pergantian keempat mulai dicoba di playoff Piala MLS.

(jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #piala-dunia-2018 #wasit-piala-dunia #pierluigi-colina 

Berita Terkait

IKLAN