Jumat, 17 Agustus 2018 12:26 WIB
pmk

Internasional

Iran Ragu dengan Komitmen Trump Terhadap Kim Jong-un

Redaktur: Redjo Prahananda

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un (Foto: AFP)

INDOPOS.CO.ID - Para pemimpin dunia memberikan apresiasi terhadap pertemuan antara pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Singapura, Selasa, (12/6).

Dari sekian banyak negara dan kepala negara, Iran justru menanggapi 'sinis' pertemuan ini. Teheran memperingatkan Korea Utara agar jangan terlalu percaya dengan Trump dan AS. Iran tidak berani menjamin Trump memegang teguh komitmen kesepakatan awal, terutama soal nuklir.

"Belum terdapat jaminan, Trump patuh dengan perjanjian sebelum dia kembali ke AS," ketus juru bicara pemerintah Iran, Mohammed Bagher, Selasa, (12/6). Iran meragukan ragu, Trump tetap setia dengan komitmen tersebut. "(Korut) sedang menghadapi seseorang--di mana dia seringkali mencabut tanda tangan sewaktu dia berada di luar negeri." 

Pertemuan antara Trump dan Kim Jong-un menghasilkan 4 kesepakatan antara lain komitmen kedua negara untuk menciptakan perdamaian dunia. Dalam pertemuan bersejara ini,  AS-Korut sepakat membangun perdamaian abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

Kemudian, memastikan dalam Deklarasi Panmunjom,  27 April 2018, Korea Utara berkomitmen bekerja menuju denuklirisasi menyeluruh, termasuk di semenanjung Korea. AS dan Korut berjanji merampungkan masalah tahanan perang dan jenazah tentara hilang, termasuk repatriasi seluruh jenazah teridentifikasi.

Presiden Iran Hassan Rouhani menyampaikan kritik serupa terhadap pemerintahan Donald Trump. Kesepakatan nuklir Iran pada membuat  Teheran setuju membatasi pengayaan uranium. Program ini memang membuat negara barat, karena potensi Iran membangun senjata pemusnah massal sangat besar.

Terlepas dari rasa sikap sinis Iran terhadap pertemuan tersebut, kesepakatan ini antara Trump dan Kim Jong-un di Singapura, berpotensi melepaskan belenggu sanksi pada kehidupan ekonomi mereka , dan membuka akses penjualan minyak ke luar negeri.

(rej/channel news asia)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pertemuan-trump-dan-kim-jong-un #iran #amerika-serikat #korea-utara #donald-trump #kim-jong-un 

Berita Terkait

Donald Trump Dorong Pembentukan NATO di Timur Tengah

Internasional

AS Klaim Pulangkan 1.800 Anak Migran

Internasional

Hillary Clinton Yakini Rusia Akan Meretas Lagi

Internasional

IKLAN