X CLOSE Laporan Kinerja DKPP
Rabu, 19 Desember 2018 12:48 WIB

News in Depth

Ancaman Kapolri untuk Kapolres Bila Gagal Atasi Begal

Redaktur: Redjo Prahananda

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

INDOPOS.CO.ID - Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian meminta para anggota menindak tegas para pelaku begal di jalan lintas Sumatera, Provinsi Lampung. Kawanan begal di wilayah ini menjadi ancaman serius pemudik.

Dalam kunjungan ke Bakauheuni, Lampung, Tito  menginstruksikan seluruh kepala polres di Provinsi Lampung memberantas begal. Bila gagal, mantan Kapolda Metro Jaya itu siap melakukan mutasi terhadap Kapolres.

"Saya minta seluruh kapolres engatasi kasus pembegalan ini, kalau tidak bisa, maka Kapolres saya begal. Paham maksud saya?," ujar Tito di areal Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan.

Tito kemudian meminta para Kapolres beserta jajaran membentuk tim anti begal. "Kapolres harus membuat tim khusus. "Tangkapin dulu mereka, kalau tidak tempel mereka, kalau masih belum bisa, silahkan minta bantuan Kapolda menurunkan anggota dengan senjata guna mengatasi begal ini," papar Tito.

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini meminta Kapolres meminta bantuan kepada unsur TNI melalui Komandan Korem (Danrem) setempat. Menurut Tito, Polisi dan TNI bisa mengatasi begal degan cara-cara lembut . "Kalau masih melawan, tindak tegas," ucap Tito

Guna mengatasi begal, Polisi harus bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah. Dia meminta pemerintah setempat menciptakan lapangan pekerjaan di daerah Lampung.“Kemungkinan kelompok begal ini merasa dipinggirkan, jadi sangat penting peran pemerintah untuk membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat mereka," ujar Tito.

(rej/jawapos)


TOPIK BERITA TERKAIT: #arus-mudik-2018 #begal #kapolri-tito-karnavian 

Berita Terkait

Begal Anggota Koramil, Empat Begal Dicokok

Megapolitan

Ditinggal Komplotannya, Begal ABG Ini Dibekuk Warga

Megapolitan

Kapolri-Panglima Kok Mesra Banget?

Headline

IKLAN