Kamis, 18 Oktober 2018 06:08 WIB
pmk

Nusantara

Kepulauan Mentawai Diguncang Gempa Berkekuatan 5,6 SR

Redaktur: Ahmad Nugraha

Situasi masyarakat di Kawasan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (13/6) sekitar pukul 06.08 WIB. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID - Bencana alam kembali terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah yang terjadi di kawasan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (13/6) sekitar pukul 06.08 WIB.

Kepala Bidang Informasi Genpa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono melalui pernyataan tertulis yang didapat INDOPOS menerangkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,0 LS dan 98,76 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah barat Kota Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 13 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal," Jelasnya.

Sementara dampak dari gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Tua Pejat, Mentawai II SIG- BMKG dan Padang I SIG-BMKG.

Sampai saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut dan gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat dibimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan,"imbuhnya. (nue)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #gempabumi #mentawai #sumaterabarat #bmkg #daryono 

Berita Terkait

IKLAN