Kamis, 16 Agustus 2018 05:09 WIB
pmk

News in Depth

Legislator Apresiasi Mudik Gratis BUMN Meningkat

Redaktur: Ali Rahman

Anggota Komisi VI DPR RI Melani Leimena Suharli (duduk, kedua dari kiri) saat acara Sosialisasi Empat Pilar, Minggu (10/6).

INDOPOS.CO.ID - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli mengapresiasi adanya kegiatan Mudik Gratis yang dilakukan oleh BUMN, terlebih di tahun ini jumlah peserta meningkat dari tahun sebelumnya.

"Program mudik gratis Itu sangat bagus. Dan ini sebuah solusi di tengah perekonomian rakyat sedang sulit. Istilahnya kalau kata Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kita harus Do Something. Jangan diam atas kondisi rakyat saat ini," ujar Melani kepada INDOPOS di sela-sela acara Sosialisasi Empat Pilar da buka puasa Bersama dengan warga Jakarta Pusat di Jakarta, Minggu (10/6).

Lebih lanjut, politisi Demokrat ini menjelaskan, BUMN sebagai agen pembangunan juga harus memberi keuntungan kepada masyarakat. "BUMN adalah agent of development. Pastinya rakyat harus turut merasakan untung atas keberadaan BUMN," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno bersama puluhan direktur utama BUMN melepas Mudik Bareng BUMN 2018 di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/6) pagi.

Pelaksanaan Mudik Bareng BUMN tahun ini meningkat 100 persen lebih, baik untuk peserta maupun armada yang digunakan dari bus, kapal laut, hingga pesawat udara.

"Melalui pelepasan pagi ini, ada 495 bus dengan jumlah peserta 26.000 orang yang diberangkatkan terlebih dahulu," kata Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo yang juga Ketua Satuan Tugas Mudik Gratis 2018.

Budi mengungkapkan, penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN kali ini merupakan yang ke empat. Ada 62 BUMN yang berpartisipasi atau meningkat 121,4 persen dibanding tahun lalu. Total peserta yang diberangkatkan sebanyak 206.000, meningkat sekitar 75 persen dari mudik tahun 2017.

Sarana yang disiapkan dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 adalah bus, kapal laut, dan pesawat terbang. Untuk bus ada 3.490 unit, 98 trip kapal laut, 37 rangkaian kereta api, serta 52 penerbangan.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah armada bus untuk Mudik Bareng BUMN meningkat 81,7 persen; keberangkatan dengan kapal laut naik 440,4 persen, denggan kereta api naik 236 persen, dan dengan pesawat naik 116,7 persen.

Jumlah kota keberangkatan dan kota tujuan juga mengalami peningkatan, di mana terdapat 61 kota keberangkatan (naik 177,27 persen) dan 177 kota tujuan (naik 110,7 persen). (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mudik-2018 #melani-leimena-suharli #mudik-gratis-bumn 

Berita Terkait

Posko Mudik Angleb 2018 Sudah Ditutup

News in Depth

Mudik 2018, MUI Puji Pemerintah

Nasional

Pengamanan Mudik, DPR Apresiasi Polri

Nasional

IKLAN