Rabu, 17 Oktober 2018 05:00 WIB
pmk

Nasional

Ombudsman Dukung Pengusutan Importir Bawang Bombai

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Anggota Komisioner Ombudsman RI, Dadan Suparjo Suharmawijaya, menegaskan bahwa pihaknya mendukung penelusuran motif pidana importir bawang bombay mini, yang dijual selayaknya bawang merah di pasaran.

Pelibatan Satgas Pangan termasuk kepolisian sangat diperlukan. Pasalnya, pelanggaran yang dilakukan para pengimpor harus dilihat dari dua sisi, yakni dari impor dan dari sisi pendistribusian.

“Kalau ada kesengajaan, unsur penipuan, bisa masuk pidana itu. Berarti kan dia mengakal-akali nih. Ya sudah, tinggal dilakukan pemeriksaan saja,” ujarnya, kepada INDOPOS, Rabu (13/6).

Menurutnya sangat besar potensi importir melakukan tindak pidana penipuan jika menjual bawang tersebut ke pasaran dengan spesifikasi yang tidak sesuai surat izin impornya, terlebih pada momentum Lebaran dimana konsumsi barang seperti bawang kian besar.

Sehingga, besar kemungkinan terjadi penipuan terhadap konsumen akibat komoditas yang dijual sejatinya belum tentu seperti yang dijajakan. "Pengimpor bisa dikatakan menipu lembaga pengawas karena komoditas impor yang masuk berbeda daripada izin yang diperoleh," bebernya. (sho)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ombudsman-ri #dadan-suparjo-suharmawijaya #satgas-pangan 

Berita Terkait

IKLAN