Kamis, 18 Oktober 2018 06:11 WIB
pmk

Nusantara

Polisi dan Jasa Marga Cetak Rekor One Way Terpanjang di Arus Mudik 2018

Redaktur: Redjo Prahananda

Kepadatan di Pintu Tol Palimanan

INDOPOS.CO.ID - Kepolisian dan PT Jasa Marga memberlakukan sistem satu arah atau one way mulai dari Tol Cikampek KM 53 sampai Tol Cipali sampai Tol Kanci, Cirebon. Polisi dan Jasa Marga memecahkan rekor.

Pertama kali sepanjang sejarah, Polisi dan Jasa Marga memberlakukan one way terpanjang sejauh 182 kilometer. Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya menjelaskan, rekayasa lalu lintas ini untuk mengurai kemacetan di sepanjang jalan Tol Cikampek dari Jakarta menuju Cirebon melalui Tol Cipali.

"Kami memberlakukan sistem one way ini dari Tol Cikampek di KM 53 sampai Tol Kanci KM 235 sejak pukul 16.35," kata Slamet. Gelombang kendaraan pemudik dari Jakarta menuju Pantura masih terus terlihat di sepanjang ruas Tol Cikampek, Rabu, (13/6) atau H-2 Hari Raya Idul Fitri.

Kebijakan ini membuat kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta terpaksa harus keluar dari Tol Kanci, melewati jalur arteri di jalur Pantura. Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto menjelaskan, kendaraan dari arah Jateng ke Jakarta harus keluar dari pintu Tol Ciledug di KM 233 Tol Kanci.

"Kendaraan kemudian kami arahkan melalui arteri masuk ke Purwakarta," ucap Suhermanto.

Suhermanto menjelaskan, sebelum oneway petugas mengalihkan arus dari Cikopo ke jalur arteri, kembali ke tol melalui pintu Palimanan dan Plumbon. "Kebijakan oneway tergantung sikon benar-benar lancar." 

Kebijakan one way di ruas Tol Cipali dan Palikanci Cirebon, diyakini sebagai rekayasa jalan satu arah terpanjang dalam sejarah mudik. "Bukan hanya sampai ke Palikanci tapi diteruskan sampai masuk ke Brebes, setelah itu diserahkan kepada Jawa Tengah," ujar Kasatlantas Polresta Cirebon, AKP Rezhky.

(rej/radar cirebon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #arus-mudik-2018 #tol-cikampek #tol-cipali 

Berita Terkait

IKLAN