Rabu, 26 September 2018 08:27 WIB
pmk

Internasional

Gus Yahya Komitmen Mendukung Palestina Merdeka

Redaktur: Redjo Prahananda

Yahya Cholil Staquf berbicara dalam forum di Israel

INDOPOS.CO.ID - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) sekaligus Khatib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya berbicara di forum Israel. 

Praktis, keputusan Gus Yahya mengundang polemik di dalam negeri. Sejumlah tokoh organisasi Islam bereaksi keras, Anggota DPR RI meminta penjelaskan Presiden Joko Widodo. Bahkan, Kedutaan Besar Palestina di Indonesia terpukul dengan kunjungan Gus Yahya. 

Ketua PBNU, Robikin Emhas menilai sikap Gus Yahya dan NU jelas dan tegas mendukung kemerdekaan Palestina. Indonesia bahkan telah memberikan dukungan terhadap bangsa Palestina sejak 1938.

Robikin tidak pernah meragukan kesetiaan Gus Yahya untuk terus memperjuangkan nasib Palestina. "PBNU terus mendukung perjuangan Palestina mendapatkan kemerdekaan, sebagai negara merdeka dan berdaulat," ujar Robikin, Kamis (14/6).

Robikin megaku sudah mendapatkan informasi, kedatangan Gus Yahya Staquf hadir sebgai pribadi. Bukan mewakili PBNU atau NU, atau pemerintah. "Saya kenal Kiai Yahya Staquf. Selain sosok berintegritas, beliau adalah pribadi  dengan komitmen kuat terhadap nilai perjuangan," kata dia.

Robikin percaya Gus Yahya mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel."Sudah mengalir dalam darah dan nafas perjuangan Kiai Yahya Staquf itu sendiri (mendukung Palestina merdeka)."

‎Sekadar informasi, Gus Yahya bertolak ke Israel atas undangan Universitas Tel Aviv untuk menjadi pembicara dengan tema 'Shifting the Geopolitical Calculus; From Conflict to Cooperation'.

Gus Yahya sempat berdialog dengan Forum Global Yahudi Amerika dalam kunjungan ke Israel. Dalam forum dialog dengan Direktur Hubungan Antaragama Rabi David Rosen, Yahya mengatakan, kunjungan ke Israelmelanjutkan pekerjaan mantan Presiden keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur

(rej/jawapos.com)


TOPIK BERITA TERKAIT: #yahya-cholil-staquf #israel #palestina #pbnu 

Berita Terkait

IKLAN