Sabtu, 22 September 2018 02:51 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Portugal vs Spanyol, Butuh Lebih dari Sekadar Bim Sala Bim

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge

Pelatih Timnas Spanyol, Fernando Hierro. Foto: The Week UK

INDOPOS.CO.ID - Fernando Hierro bukanlah pesulap. Hierro butuh lebih dari sekadar “Sim Sala Bim” saat mengawali tugasnya sebagai entrenador Spanyol. Hierro ditunjuk sebagai arsitek setelah RFEF atau Federasi Sepak Bola Spanyol resmi mendepak Julen Lopetegui Rabu malam WIB (13/6).

Nah, beban berat sekarang di pundak ada di pundak pria yang akrab disapa Bubu itu. Sebab, Spanyol langsung menjalani big match melawan Portugal di Fisht Olympic Stadium, Sochi, dini hari nanti WIB (Siaran Langsung Trans TV pukul 01.00 WIB).

''Takkan mudah menyamai pekerjaan sepanjang dua tahun dengan waktu yang hanya dua hari,'' kata Hierro dalam wawancaranya dengan Marca. Ya, dua tahun Lopetegui menyiapkan skuad Piala Dunia-nya ini. Sementara Hierro baru pindah jabatan dari Direktur Olahraga RFEF, lantas jadi tactician Spanyol.

Makanya, mantan kapten Real Madrid itu menyebut dia akan tetap melajutkan semua program yang sudah dijalankan Lopetegui. Salah satunya dari sisi taktik yang dipakai. Di sisi lain, Lopetegui meninggalkan Krasnodar bersama Pablo Sanz, tangan kanannya. Tapi, di kamp latihan Spanyol masih ada staf pelatih lainnya.

Di antaranya: kiper Juan Manuel Ochotorena dan trainer Francisco Javier Minano Espin. ''Selain itu saya juga tiap hari melihat seperti apa latihan dan permainan mereka. Intinya, di tim ini mereka harus jadi dirinya sendiri,'' pinta Hierro. Selain dua staf pelatih tersisa era Lopetegui juga ada Albert Celades, pelatih timnas U-21.

''Besok (hari ini), Juan Carlos Martinez (pelatih fisik) plus Julian Calero (asisten pelatih) akan bergabung,'' tambah Hierro. Sekalipun sebagai pengganti, Hierro meminta skuadnya tetap bermain dengan komitmen yang sama. Salah satunya untuk memanaskan persaingan juara pada Piala Dunia kali ini.

''Harus kompetitif di tiga laga (fase grup), dan mampu mencetak tiga atau empat gol. Ini yang kami inginkan, dan harus dimulai di laga pertama,'' ungkapnya. Meski Hierro tidak punya pengalaman melatih tetapi dia pernah jadi asisten pelatih di Real ketika dibesut Carlo Ancelotti pada 2014.

Yang terpenting, Hierro sudah mendapat dukungan dari dua pentolannya timnas Spanyol Sergio Ramos dan Gerard Pique. Dua center back Spanyol itu meminta pro dan kontra disudahi terkait dengan Lopetegui. ''Kami tetap timnas yang sama, mewakili lambang yang sama, warna yang sama, satu gairah, dan satu bangsa. Ini tanggung jawab dan komitmen bersama,'' ucapnya, dalam akun Twitter-nya.

Pique pun menyerukan hal yang sama. Dia meminta rekan-rekannya tetap fight meski di awal-awal turnamen mendapat cobaan. ''Semuanya harus bersatu untuk saat ini dan seterusnya,'' harap Pique, dilansir Sport. Maklum, Spanyol masih trauma dengan kekalahan di laga perdana empat tahun lalu. Saat itu, Belanda menghancurkan Spanyol dengan skor 1-5.

Nah, akankah ini jadi kans besar Portugal membekuk Spanyol untuk kali pertama dalam ajang Piala Dunia? Winger Portugal Bernardo Silva menyebut, pemecatan Lopetegui tidak akan menggoyahkan performa Ramos dkk. ''Mereka skuad yang berpengalaman, mereka sudah terlatih menghadapi situasi seperti ini,'' klaim Bernardo, kepada A Bola.

Sebaliknya, winger Manchester City itu menilai, kondisi berbeda bisa dialami skuadnya. Portugal takkan siap jika berada dalam situasi seperti Spanyol. ''Kami pun tak akan siap jika Fernando Santos pergi, itu akan jadi masalah besar bagi kami,'' tambah Bernado. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-portugal #timnas-spanyol #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN