Selasa, 20 November 2018 07:25 WIB
pmk

Kesehatan

Ini Manfaat Puasa Sebulan

Redaktur: Ali Rahman

Shalat Tarawih Akbar di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu, (26/5)

INDOPOS.CO.ID - Sebulan lamanya berpuasa, membuat seseorang justru lebih sehat. Maka dari itu, jangan sia-siakan perjuangan selama satu bulan dengan tetap komitmen menjalankan hidup sehat selama Ramadan.

Dalam ceramahnya dalam khotbah salat Idul Fitri, Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menjelaskan pengendalian diri adalah buah dari berpuasa. Pengendalian diri merupakan hal penting agar tetap sehat. Jiwa yang sehat kunci agar tubuh tak sakit.

"Berbagai macam sakit fisik terjadi karena jiwa yang terganggu. Kita mengenal penyakit psikosomatik," kata Ari dalam keterangannya, Minggu (17/6).

Pasien yang cemas cenderung asam lambungnya tinggi, yang akhirnya maagnya dapat terganggu. Pasien dengan hipertensi, tekanan darah akan naik jika emosinya terganggu. Pasien asma bisa kambuh karena sedang dalam keadaan stres. Jantung berdebar-debar, tangan berkeringat, pegal-pegal ditengkuk bisa berhubugan dengan faktor psikis.

"Dengan pengendalian diri selama berpuasa diharapkan faktor psikis yang bisa mengganggu fisik tersebut tidak muncul," papar Ari.

Menurutnya, pengendalian diri pada seorang muslim memang menjadi penting.Sebab, pengendalian diri bisa menjadi contoh bagaimana Islam menuntun orang untuk senantiasa pada jalur keseimbangan antara kenyaman hidup di dunia dengan persiapan kehidupan di akherat kelak. Ari mengatakan orang yang sukses adalah mereka yang berhasil dan mampu memadukan dan menyeimbangan dua hal tersebut.

"Sehingga selalu diingatkan bahwa kesenangan dunia ada batasnya untuk persiapan masa depan kita di akhirat nanti," ujarnya.

Selain berpuasa, selama bulan Ramadan ada amalan khusus yaitu shalat tarawih yang juga dilakukan secara teratur dan disiplin setiap malam di bulan Ramadhan. Tak hanya itu, di bulan Ramadan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk kita perbanyak lakukan adalah membaca Al-Quran.

"Maka puasa adalah pangkal keteraturan. Keteraturan dalam menjalani ibadah-ibadah dibulan suci Ramadhan seperti berpuasa, mengerjakan shalat tarawih, membaca Al Quran, akan memberikan dampak yang baik kepada tubuh dan jiwa kita. Ramadan telah menjadi training yang sangat penting untuk hidup lebih teratur," tutupnya. (ika/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #manfaat-puasa #drdr-h-ari-fahrial-syam-sppd-kgeh-mmb 

Berita Terkait

Puasa Sembuhkan Sakit Maag? ini Penjelasannya

Kesehatan

IKLAN