Selasa, 20 November 2018 09:07 WIB
pmk

Nasional

Mendagri Lantik Komjen Iriawan Alias Iwan Bule Jadi Pj Gubernur Jabar

Redaktur: Ahmad Nugraha

Prosesi pelantikan Pj Gubernur Jabar, Komjen Iriawan di Gedung Merdeka Asia Afrika Bandung, Senin (18/6). Foto: Kemendagri untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri Daoam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo melantik Komjen M Iriawan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) di Gedung Merdeka Asia Afrika Bandung, Senin (18/6).

Komjen Iriawan yang merupakan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) itu menjadi Pj Gubernur hingga Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jabar hasil Pilkada dilantik.

Prosesi pelantikan dimulai ketika Mendagri yang mengenakan jas hitam dan dasi merah maju ke atas panggung, dan diikuti Komjen Iriawan yang mengenakan pakaian seragam kepala daerah warna putih. Sebelum mengambil sumpah, Mendagri sempat bertanya pada Komjen Iriawan.

"Sebelum saya ambil sumpah, saya mau bertanya. Apakah saudara Komisaris Jenderal Mohammad Iriawan bersedia diambil sumpah?" tuturnya.

Dengan sigap, pertanyaan itu dijawab oleh Komjen Iriawan, siap dilantik. Tak lupa Tjahjo juga mengingatkan bahwa sumpah yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab besar kepada negara dan bangsa. Sumpah yang diucapkan juga harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan rakyat Indonesia.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Jabar dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," tutur Tjahjo membaca teks sumpah jabatan yang diikuti oleh Iriawan.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan  pakta integritas, yang kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan ke Penjabat.

Menteri Tjahjo Kumolo mengatakan, pengangkatan Komjen Iriawan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 106/P tahun 2018 tanggal 8 Juni 2018. Di sini, Tjahjo percaya Iriawan akan melaksanakan tugas dengan baik sesuai tanggung jawabnya. (iwk)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #mendagri #tjahtjo-kumolo #penjab-gubernur #jawa-barat #komjen-iriawan #iwan-bule 

Berita Terkait

IKLAN