Rabu, 19 September 2018 10:10 WIB
pmk

Megapolitan

Terminal Poris Plawad Tangerang Siapkan Posko Terpadu

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Serbuan pemudik pada arus balik lebatan 2018 mulai diantispasi pengelola Terminal Poris Plawad Tangerang. Alasannya, adanya lonjakan pendatang yang akan masuk ke kota ini pada Rabu (19/6) sampai Kamis (20/6), mendatang.

Hal itu ditegaskan Kepala Koordinator Terminal Poris, Kementerian Perhubungan, Alwien Athena. Kata dia, lonjakan pemudik pada arus balik ini akan datang dari dua pulau. Yakni Sumatera dan Jawa. Apalagi kedatangan pemudik ini banyak menggunakan bus antar kota antar provinsi (AKAP).

"Kemungkinan besar akan terjadi pada dua hari ke depan. Kedatangan mereka kami prediksi pada malam hari sekira sampai subuh," katanya ketika dikonfirmasi, Senib (18/6).

Lantaran banyaknya lonjakan arus balik ini, lanjut Alwien, pihaknya harus memberikan pelayanan kepada pengguna jasa dan sopir. Salah satunya mendirikan sejumlah posko diarea terminal. Mulai dari posko kesehatan hingga posko keamanan.

"Posko itu nantinya untuk ruang istirahat penumpang, sumber informasi, dan juga kami sediakan obat-obatan. Posko akan tetap dibuka sampai tanggal 24 Juni 2018," paparnya.

Ditambahkan Alwien, untuk saat ini belum terlihat adanya jumlah lonjakan penumpang di Terminal Poris Plawad Tangerang dari Jawa Dan Sumatera. Namun, beberapa PO bus yang melayani rute itu telah memberikan informasi arus balik akan dimulai dalam dua hari ke depan. Dia pun menyatakan, saat arus balik itu keamanan para pemudik di terminal itu akan dijaga dengan baik.

"Untuk sampai hari ini kondisi terminal masih kondusif belum ada perubahan jumlah penumpang yang signifikan. Koordinasinya sama instasi pemerintah daerah dan kepolisian serta TNI," imbuhnya.

Sementara, salah satu sopir Bus AKAP tujuan Yogyakarta-Tangerang, Suryono Adikusumo mengaku, pemesanan tiket kereta api dan bus sudah mulai diburu para pemudik yang akan kembali ke Jabodetabek. Dia pun telah dua trip mengantarkan pemudik dari Jawa Tengah menuju kota penyanggah DKI Jakarta ini.

"Hari ini saja sudah ada 240 penumpang yang saya antar ke terminal ini. Sudah habis dipesan dalam dua hari ke depan. Makanya, saya berangkat dari sini hanya bawa 12 sampai 15 penumpang saja biar cepat sampai di sana," pungkasnya. (cok)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #arus-balik-lebaran #alwien-athena #kemenhub-ri #terminal-poris-plawad 

Berita Terkait

IKLAN