Kamis, 20 September 2018 11:49 WIB
pmk

Nasional

BEM UI Desak Pemerintah Cabut Permendagri Nomor 1 Tahun 2018

Redaktur: Ahmad Nugraha

Ketua BEM UI Zaadit Taqwa/DOK INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) mendesak pemerintah untuk mencabut Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 1 tahun 2018 tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara Bagi Kepala Daerah.

Ketua BEM UI 2018, Zaadit Taqwa mengatakan, desakan itu atas dasar pemahaman dan kajian bahwa isi dari Permendagri tersebut dinilai bertentangan dengan Undang-Undang (UU) Pilkada, UU Aparatur Sipil Negara (ASN) dan UU Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Salah satu bentuk pelanggaran yang terjadi adalah dilantiknya anggota Polri aktif yang belum mengundurkan diri atau pensiun dari dinas kepolisian, yakni Komjen M Iriawan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar), Senin (18/6).

"Ini sudah melanggar tiga peraturan perundang-undangan yang berlaku, yakni UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan UU nomor 2 tahun 2002 tentang Peran dan Fungsi Kepolisian," bebernya kepada INDOPOS melalui pesan tertulis, Selasa (19/6).

Oleh karena itu, BEM UI menolak dengan tegas pelantikan Komjen M Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar, mendesak pemerintah untuk segera melantik Pj Gubernur Jabar yang sesuai dengan UU Pilkada dan UU ASN, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menolak pelantikan Pj Gubernur Jabar yang berasal dari kalangan angkatan bersenjata dan terus mengawal supremasi sipil sebagai amanat reformasi. (iwk)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bem-ui #zaadittaqwa #cutidiluartanggungan 

Berita Terkait

IKLAN