Rabu, 21 November 2018 07:09 WIB
pmk

Megapolitan

Arus Balik, Polisi Terapkan One Way di Tol Cikampek

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi kemacetan di ruas Tol Cipalo

INDOPOS.CO.iD - Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri,  Irjen Pol Royke Lumowa menjelaskan, Polisi bakal kembali memberlakukan satu arah di ruas tol, termasuk Tol Cikampek dan Cipali untuk mengurai kemacetan 

Sampai Selasa, (19/6) malam hari, arus bali dari Jawa Tengah masih terpantau padat, baik dari arteri Pemalang, Batang, maupun jalur Tol Fungsional, Kali Kuto sampai GT Kertasari.  Polisi kembali memberlakukan jalan satu arah, Rabu, (20/6) dinihari mulai pukul 01:00 mulai dari KM 72 sampai ke KM 3 Halim

"One way (satu arah) menjadi upaya terakhir untuk mengantisipasi kemacetan," kata Royke.

Bila kepadatan masih terjadi di Palimanan, Polisi bisa memberlakukan jalan satu arah sampai Pejagan, bahkan sampai pintu Tol Brebes Timur. "Waktu mudik ini sudah kami lakukan dari Palimanan sampai Kertasari. Bila arus balik kepadatan terjadi di Kertasari, kami memberlakukan jalan satu arah. Kebijakan ini bisa menjadi  one way terpanjang dalam sejarah, sejauh 240 KM."

Jenderal Bintang Dua ini meminta kepada para pengendara agara jangan memacu kendaraan melebihi batas kecepatan maksimal, 80-100 km/jam. Dia meminta pengendara agar mematuhi rambu-rambu di jalan. "Selain kelancaran bersama, untuk menjaga keselamatan,"

Dalam kesempatan ini, Royke mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan rest-area dengan optimal untuk menghidari mereka dari kelelahan selama perjalanan. Kalau Polisi memperlakukan jalan satu arah, maka masyarakat bisa menggunakan rest-area dari dua arah.

"Para pengendara mempunyai banyak pilihan rest area, silahkan istirahat, isi bbm, dan makan, tetapi jangan terlalu lama," kata mantan Kapolda Papua Barat ini di rest area 102 A tol Cipali, Selasa 19 Juni 2018.

(rej)


TOPIK BERITA TERKAIT: #arus-mudik-2018 #tol-cikampek #tol-cipali #korlantas-mabes-polri #royke-lumowa 

Berita Terkait

IKLAN