Jumat, 16 November 2018 10:42 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Lawan Prancis jadi Laga Pelampiasan Amarah Peru

Redaktur: Ali Rahman

Timnas Peru tengah berlatih. Foto: AFP

INDOPOS.CO.ID - Laga melawan Prancis pada Kamis (21/6) malam WIB, bakal menjadi pelampiasan amarah Peru. Klub berjuluk Los Incas tersebut bertekad meraih kemenangan demi menjaga kans lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Seperti diketahui, pada laga pertama mereka di Grup C, Peru secara menyesakkan kalah 0-1 dari Denmark. Padahal, tim asuhan Ricardo Gareca itu tampil luar biasa. Dominan dalam penguasaan bola dan serangan. Mereka melakukan 18 percobaan tendangan ke gawang lawan dan 6 di antaranya on target. Bahkan, mereka memiliki peluang lewat tendangan penalti namun gagal dikonversi menjadi gol.

Gareca menyebut timnya dijauhi Dewi Fortuna. Dia berharap laga melawan Prancis cerita akan berbeda. Dia ingin para pemainnya melampiaskan kemarahan dengan bermain lebih baik, lebih tenang, dan tentunya lebih disiplin.

Kemenangan akan memperpanjang napas mereka di Piala Dunia 2018. Tapi, andai seri atau kalah, peluang Paulo Guerrero cs bakal sulit. Bahkan, bisa saja tertutup andai kalah. Hal itu jelas tak diinginkan oleh Gareca. Maklum saja, Los Incas menunggu 36 tahun untuk bisa kembali tampil di Piala Dunia. Sebelumnya terakhir kali mereka melakukannya di Piala Dunia 1982.

Meski begitu, Gareca menyadari bahwa melawan Les Bleus - julukan Prancis, bukan hal yang mudah. Mengalahkan mereka bukan perkara semudah membalikkan telapak tangan. Toh, Gareca tetap akan berusaha keras karena timnya butuh kemenangan.

"Prancis adalah tim yang memiliki ciri khas sendiri. Mereka bisa menjuarai Piala Dunia. Mereka bisa beradaptasi dengan siapapun lawan yang dihadapi. Mereka adalah favorit, namun kami juga bisa menjadi lawan yang berat. Kami punya gaya sendiri dan tak akan membiarkan para pemain Prancis mengacak-acak kami," tegas Gareca seperti dilansir FIFA.com.

"Paling penting adalah kami sebuah tim dan bisa melakukan yang terbaik. Kami di sini untuk Piala Dunia dan kami tak mau cepat-cepat pulang," tegas Gareca.

Di turnamen resmi, Peru dan Prancis belum pernah bersua. Namun, Peru pernah menjajal kekuatan Prancis di laga persahabatan. Pada 28 April 1982 silam, Peru menjajal Les Bleus di Paris. Hasilnya, Los Incas menang 1-0. Bisa jadi memori tersebut membayangi skuad Peru dan menjadi inspirasi untuk bisa mengalahkan Les Bleus.

Sementara itu, pasukan Didier Deschamps bertekad untuk kembali meraih tiga poin. Dengan kemenangan, bisa saja mereka dipastikan lolos ke babak 16-besar tanpa harus menunggu laga terakhir Grup C. Tentu saja dengan syarat Denmark juga mampu mengalahkan Australia.

Seperti diketahui, pada laga pertama Les Bleus mampu menang 2-1 atas Australia. Dalam laga itu, Les Bleus tampil bagus. Namun, mereka memiliki kelemahan pada penyelesaian akhir. Gol kemenangan pun merupakan bunuh diri pemain lawan meski tak lepas dari aksi Paul Pogba. Sementara, gol lainnya datang dari titik putih yang dieksekusi Antoine Griezmann.

Les Bleus memang dituntut tampil lebih baik saat melawan Peru. Andai seperti saat menghadapi Australia, mereka diyakini akan sulit meraih kemenangan. Hal itu ditegaskan defender Raphael Varane.

"Apa yang tidak kami tampilkan pada laga pertama akan kami tunjukkan pada saat melawan Peru. Kami harus lebih solid di depan maupun di belakang," tutur bek Real Madrid tersebut.

Prancis memiliki kans sama dengan Peru untuk meraih poin penuh. Terlebih, mereka tak terkalahkan saat menghadapi wakil Amerika Selatan di pentas Piala Dunia sejak 1978. Terakhir kalah dari Argentina pada 1978. (nue/jpg)

Perkiraan Susunan Pemain:

Prancis (4-3-3): 1-Hugo Lloris; 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 6-Paul Pogba, 13-N'Golo Kante, 14-Blaise Matuidi; 7-Antoine Griezmann, 9-Olivier Giroud, 10-Kylian Mbappe
Pelatih: Didier Deschamps

Peru (4-3-3): 1-Pedro Gallese, 17-Luis Advincula, 15-Christian Ramos, 2-Alberto Rodriguez, 6-Miguel Trauco, 23-Pedro Aquino, 19-Yoshimar Yotun, 18-Andre Carrillo, 20-Edison Flores, 10-Jefferson Farfan, 9-Paolo Guerrero
Pelatih: Ricardo Gareca

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-prancis #timnas-peru #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN