Minggu, 18 November 2018 08:04 WIB
pmk

Internasional

AS Keluar dari Dewan HAM PBB

Redaktur:

DEMI ISRAEL - Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka mundur dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB. Foto: AFP

INDOPOS.CO.ID - Amerika Serikat (AS) telah menarik diri dari Dewan HAM PBB. Seperti dilansir Al Jazeera pada Rabu, (20/6), keputusan untuk menarik diri keluar dari Dewan HAM PBB diumumkan pada hari Selasa oleh Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley.

"Kami mengambil langkah ini karena komitmen kami tidak memungkinkan kami untuk tetap menjadi bagian dari organisasi yang munafik dan melayani diri sendiri yang membuat ejekan terhadap hak asasi manusia," kata Haley.

Komisioner Tinggi PBB untuk HAM Zeid Raad Al Hussein menyebut pengumuman oleh pemerintahan Presiden AS Donald Trump itu sebagai langkah yang mengecewakan. “Melihat kondisi hak asasi manusia seperti ini, Amerika seharusnya berjalan maju, bukan mundur.”

Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson menyebutnya langkah AS ini disesalkan. Namun langkah AS ini malah dipuji Israel sekutu utamanya.

Israel memuji langkah berani Washington. Keputusan AS datang setelah Dewan HAM PBB bulan lalu memutuskan untuk menyelidiki pembunuhan puluhan pengunjuk rasa Palestina di Jalur Gaza dan menuduh Israel menggunakan kekuatan yang berlebihan.

Rosiland Jordan dari Al Jazeera melaporkan, keluarnya AS dari Dewan HAM PBB bukanlah keputusan yang mengejutkan sebab hal itu dibicarakan Haley sejak saat ia menjadi Duta Besar AS untuk PBB pada awal 2017.

"Haley bersikeras kalau Dewan HAM PBB bersikap anti-Israel. AS menolak hal itu dan mengancam akan meninggalkan dewan," kata Jordan.

Tapi alasan utama AS keluar dari Dewan HAM PBB adalah mengurangi atau menghilangkan kritik terhadap AS, tentang perlakuan Israel terhadap Palestina. Ini cara AS membela sekutunya Israel.

Berbicara tentang HAM, AS juga menghadapi kritik luas karena memisahkan anak-anak dari orangtua migran mereka di perbatasan AS-Meksiko.

Pada hari Senin, Al Hussein meminta Washington untuk menghentikan kebijakan pemisahan orangtua dengan anak-anaknya. (ina/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #amerika-serikat #dewan-ham-pbb 

Berita Terkait

Pemilih Pemula Tak Mau Golput

Internasional

AS Yakin Dalam 180 Hari Iran Hancur

Internasional

Pesawat Siluman AS Mendarat Darurat

Internasional

IKLAN