Senin, 19 November 2018 04:44 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

FIFA Puas dengan Level Wasit Saat Ini

Redaktur: Ali Rahman

Tim video assistant referees (VAR) di Piala Dunia 2018 (fifa.com) tampak aedang menjalankan tugasnya. Foto: AFP

INDOPOS.CO.ID - FIFA sangat puas dengan kinerja para wasit serta video assistant referees (VAR) pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Hal itu dianggap penerapan VAR di Piala Dunia berjalan sukses.

Berdasarkan informasi yang sukses dihimpun JPG, Rabu (20/6) petang, FIFA mengatakan jika VAR membantu para wasit untuk membuat keputusan. Walaupun baru pertama kalinya diterapkan di Piala Dunia, penggunaan VAR sudah sesuai harapan.

"FIFA sangat puas dengan level wasit hingga saat ini. Juga atas keberhasilan penerapan sistem VAR, yang secara keseluruhan telah diterima dan dihargai secara positif dalam komunitas sepak bola kami," bunyi pernyataan FIFA seperti yang dilansir ESPN.

"Harus diakui bahwa masih akan ada diskusi dan opini yang berbeda atas keputusan tertentu. Kami menghargai pemahaman bahwa tidak mungkin bagi FIFA untuk mengomentari semuanya dan di setiap situasi," imbuh FIFA.

VAR pertama kali untuk memeriksa gol pertama striker Spanyol Diego Costa ke gawang Portugal, Sabtu (16/6) dini hari. VAR kembali digunakan untuk memberikan hadiah penalti kepada Perancis. Antoine Griezmann sukses mengeksekusi penalti itu.

Penggunan VAR bukan tanpa kritik. Brasil adalah negara pserta Piala Dunia 2018 pertama yang mengkritik VAR saat ditahan imbang Swiss 1-1. Selain itu, Inggris juga merasa layak mendapat penalti akibat pelanggaran bek Tunusia kepada Harry Kane. (nue/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #fifa #wasit-piala-dunia-2018 #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN