Rabu, 26 September 2018 07:55 WIB
pmk

Megapolitan

Tiga Mesin Absen Rusak di Hari Pertama Kerja, Pjs Bupati Tangerang Tegur BKPSDM

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Pejabat sementara (Pjs) Bupati Tangerang, Komarudin kembali menegur Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dihari pertama masuk kerja pasca cuti lebaran. Alasannya, tiga dari enam mesin absen pegawai negeri sipil (PNS) tersebut rusak. Akibatnya, para pegawai negara ini rebutan absen karena takut diberikan sanksi.

"Harusnya ini diperhatikan, karena akan menggangu kegiatan kerja pegawai. Baru hari pertama sudah ada masalah seperti ini. Kami sudah minta mesin absen ini segera diperbaiki," katanya ketika dikonfirmasi, Kamis (21/06).

Akibat kerusakan tiga mesin finger print tersebut, sambung Komarudin, kegiatan apel dihari pertama masuk kerja sedikit molor dilaksakan. Mengingat, antrian absen PNS itu terus terjadi. Sehingga, dirinya pun memberikan waktu lima menit kepada PNS untuk mengisi absen secara manual. 

"Sedikit menyesalkan tadi pegawai banyak yang telat apel karena berebut absen. Kalau tidak rusak mungkin apelnya tidak molor tadi," ucapnya.

Dengan adanya masalah itu, lanjut Komarudin, BKPSDM diinstruksikan memperbanyak mesin finger print di Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang. Hal itu untuk memghindari terjadinya rebutan absen pegawai pada saat usai melakukan cuti bersama. Apalagi, jumlah pegawai negara di daerah tersebut mencapai ribuan orang.

"Instansi ini harus menambah mesin absennya lagi. Kalau bisa langsung dibuatkan sistemnya agar terkoneksi dan tinggal dikirim ke pusat. Ini sudah jadi tanggungjawan BKPSDM," paparnya.

Ditanya soal jumlah PNS yang tak masuk kerja hari pertama pasca cuti lebaran, Komarudin menegaskan, hal itu tidak ada sama sekali. Karena para PNS Puspemkab Tangarang takut dengan sanksi yang diberikan. Yakni tak ingin mendapatkan hukuman penghapusan tunjangan kinerja daerah.

"Pegawai sudah takut dan tidak mau disanksi, jadi masuk semua. Seluruh absensi PNS siap kami laporkan ke Kemen PAN-RB," imbuhnya. (cok)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pjs-bupati-tangerang #komarudin #mesin-absen-rusak #pemkab-tangerang #badan-kepegawaian-pengembangan-sumber-daya-manusia #hari-pertama-kerja #libur-lebaran-2018 

Berita Terkait

IKLAN