Sabtu, 17 November 2018 06:23 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Tim Favorit, Langkah Brasil Belum Aman

Redaktur: Nurhayat

Timnas Brasil saat berlatih. Foto AFP

INDOPOS.CO.ID - Tampil sebagai tim favorit dalam putaran Piala Dunia Rusia 2018, tak mudah bagi Brasil. Bahkan langkah awal, Neymar dan kawan-kawan ditahan imbang oleh Swiss.

Kali ini, tak ada kata lain selain kemenangan yang harus diraih Selecao. Karena tambahan tiga poin akan sangat bermanfaat untuk menambah peluang lolos ke babak berikutnya. Dengan catatan, sejumlah kekurangan yang terjadi di laga kontra Swiss harus bisa diperbaiki.

Termasuk tidak terlalu mengandalkan Neymar untuk mendobrak pertahanan Kosta Rika. Neymar menjadi pemain yang paling sering dijatuhkan pemain Swiss di laga pertama. Bukan mustahil, strategi serupa akan dilakukan Los Ticos guna meredam agresivitas skuad Selecao.

Apalagi Neymar pun dikabarkan tidak dalam kondisi 100 persen. Penyerang Paris Saint-Germain ini tak mengikuti sesi latihan pada Selasa (19/6) lalu karena mengalami sakit di engkel kakinya. Dia baru kembali berlatih bersama skuad Brasil pada Rabu (20/6).

Bryan Ruiz dan kawan-kawan sangat mengincar poin di laga ini. Kekalahan hanya akan membuat mereka langsung angkat koper saat fase kualifikasi grup usai pekan depan. Namun tetap perlu strategi yang jitu untuk bisa menahan laju Selecao.

"Swiss mem-pressure mereka di lini tengah dan itulah yang harus kami lakukan. Karena setiap orang sudah tahu kalau Brasil punya kekuatan terbaiknya di lini tengah dan depan. Kami harus memenangkan bola dengan cepat dan kemudian lakukan serangan balik tak kalah cepat," ucap kapten tim Kosta Rika, Bryan Ruiz, membocorkan strategi timnya kepada BBC.

Sementara Pelatih Kosta Rika, Oscar Ramirez dalam sesi konferensi pers jelang laga menyebutkan tak akan banyak melakukan perubahan starting XI. Kalaupun ada, adalah memainkan Bryan Oviedo sejak menit pertama. Sehingga Francisco Calvo akan duduk di bangku cadangan.

Tekad besar Kosta Rika untuk bisa mengulang sukses di Piala Dunia 2014 lalu tak bisa dipandang remeh. Tite selalu arsitek strategi harus bisa melakukan perubahan agar skuad asuhannya bisa lebih trengginas. Kembali menampilkan sepak bola Jogo Bonito yang sudah menjadi ciri khas Selecao. (nue/jpg)

Perkiraan susunan pemain

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Casemiro, Paulinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus.

Pelatih: Tite

Kosta Rika (4-4-2): Keylor Navas, Bryan Oviedo, Oscar Duarte, Johnny Acosta, Giancarlo González, Cristian Gamboa, Celso Borges, David Guzman, Bryan Ruíz, Johan Venegas, Marco Urena

Pelatih: Oscar Ramirez

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-brasil #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN