Jumat, 21 September 2018 03:31 WIB
pmk

Megapolitan

1.067 ASN Tak Masuk Kerja Usai Cuti Bersama

Redaktur:

Ilustrasi. Foto: DOK. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Seribu lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mangkir kerja hari pertama setelah menjalani cuti bersama menyambut Idul Fitri 1439 H, Kamis (21/6). Jumlah tepatnya abdi negara yang tidak masuk kerja itu 1.067 orang dari jumlah 12.000 ASN.

Dari jumlah itu ada 134 ASN yang tidak masuk tanpa keterangan. Karena mangkir, sanksi tegas akan diberikan kepada pegawai yang dengan secara sengaja tidak masuk di hari pertama usai libur Lebaran. ”Kami akan berikan sanksi tegas pegawai yang mangkir,” terang Asisten Daerah (Asda) III Kota Bekasi, Dadang Hidayat, Kamis (21/6).

Dadang juga mengatakan data yang diperoleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) dari 1.067 pegawai yang tidak masuk kerja di hari pertama itu, 134 pegawai tidak masuk tanpa keterangan. Sedangkan 188 pegawai tercatat izin, lalu ada 211 pegawai sakit.

Sisanya sebanyak 100 pegawai cuti, 421 pegawai dinas luar kantor dan 13 pegawai lainnya tercatat sedang dinas keluar kota. ”Kebanyakan pegawai tidak masuk kerja hari pertama karena izin dan cuti. Sedangkan pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan akan ditindaklanjuti oleh BKD (Badan Kepegawaian Daerah, Red),” terangnya juga.

Dia juga mengatakan, sudah ada Peraturan Wali Kota atau Perwal tentang Disiplin Pegawai. ”Kita serahkan kepada BKD  sanksinya nanti. Dalam pemberian sanksi ada jenjangnya. Mulai SP atau surat peringatan 1, 2, 3 dan seterusnya. Sanksinya juga jelas,” kata Dadang juga.

Bahkan, kata Dadang juga, aturan pemberian sanksi ini tertuang dalam PP No 53 Tahun 2010 tentang Kedisiplinan Pegawai. Setiap pemberian sanksi akan melalui sidang majelis etik di lingkungan Pemkot Bekasi. ”Setelah majelis etik mengeluarkan keputusan maka baru bagian kepegawaian mengeluarkan surat saksi,” cetusnya.

Sementara itu, Kabid Penilaian Aparatur pada BKPPD Kota Bekasi Widitiawarman mengatakan, hampir 90 persen pegawai masuk kerja di hari pertama pasca libur Lebaran. ”Tim masih melakukan pendataan di tiap-tiap SKPD tentang jumlah ASN yang tidak masuk,” terangnya.

Widi juga menjelaskan, sesuai dengan surat edaran Kementerian Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bahwa cuti bersama tidak mengurangi hak cuti tahunan. Namun, pemberian cuti tahunan itu tidak diberikan sebelum dan sesudah pelaksanan cuti bersama. (dny)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asn #pns #libur-lebaran 

Berita Terkait

Honorer Bekasi Tolak Formasi PNS

Nasional

Airin Pasrah Hanya Dapat 115 CPNS

Banten Raya

PNS Bisa Dicover Kecelakaan Kerja Tanpa Batas

Nasional

Pengangkatan PTT Jadi PNS Berlebihan

Jakarta Raya

Snowbay Masih Penuh Pengunjung

Jakarta Raya

IKLAN