Selasa, 20 November 2018 01:06 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Serbia vs Swiss, Duel Dua Tim Kuda Hitam

Redaktur: Nurhayat

INDOPOS.CO.ID - Laga yang tak kalah menarik akan tersaji dalam pertemuan antara Serbia kontra Swiss, di Grup E Piala Dunia 2018 Grup digelar di Stadion Kaliningrad, Sabtu (23/6) dini hari WIB.

Pasalnya pertemuan dua tim layaknya disebut duel dua kuda hitam, karena bukan tim unggulan. Namun bisa merusak peta persaingan, terutama di Grup E. Bagaimana tidak, Serbia sukses meraih kemenangan pada laga pertama melawan Kosta Rika. Sementara, secara mengejutkan Swiss menahan imbang favorit juara Brasil dengan skor 1-1.

Laga nanti dipastikan akan berlangsung sengit karena kepentingan masing-masing. Serbia enggan hanya meraih hasil seri lantaran ingin memperbesar kans lolos ke babak 16-besar. Sementara, Swiss jelas mengintip kemenangan karena bakal membuka jalan ke babak selanjutnya.

Ini menjadi pertemuan pertama kedua tim semenjak Yugoslavia pecah menjadi beberapa negara, termasuk Serbia.

Serbia jelas berambisi untuk bisa memperbaiki pencapaian mereka di Piala Dunia. Pertama kali lolos ke Piala Dunia dengan nama Serbia pada 2010, mereka gagal di fase grup. Sementara itu, Swiss jelas ingin mengulang sukses di Piala Dunia 2014 saat mampu melaju hingga babak 16-besar.

Kapten Serbia, Aleksandar Kolarov sangat antusias menyongsong pertemuan lawan Swiss. Sama-sama berstatus tim yang tak diunggulkan, dia yakin timnya dan Swiss akan memberikan bukti bahwa mereka tak bisa dipandang remeh.

"Andai seri, jelas bukan hasil menyenangkan bagi kami. Kami ingin menang demi mempermudah langkah menuju babak 16-besar," sebut Kolarov, bek kiri AS Roma.

Kolarov menegaskan, timnya akan mati-matian untuk meraih kemenangan. Maklum saja, pada laga terakhir fase grup, mereka harus bertemu Brasil. Tentunya mengharapkan kemenangan atas Brasil adalah hal yang cukup sulit. Berdasar itu, kans paling memungkinkan untuk kembali meraih kemenangan adalah saat menghadapi Swiss.

Pelatih Serbia, Mladen Krstajic, percaya diri menyambut laga ini. Dia telah mempelajari permainan Swiss. Menurutnya, otak permainan Swiss ada pada Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka. Ketika dua pemain itu dimatikan, aliran bola ke depan akan tersendat. Selain itu, dia juga menginstruksikan pemainnya untuk membatasi ruang gerak bek kiri Ricardo Rodriguez dan bek kanan Stephan Lichtsteiner agar tak kerap overlapping.

Krstajic sendiri saat masih aktif bermain pernah memiliki memori indah saat menghadapi Swiss. Dia mencetak gol pertamanya untuk Yugoslavia saat menghadapi Swiss pada September 2001 pada Pra-Piala Dunia 2002. Kala itu, Yugoslavia menang 2-1 atas Swiss. Tentunya, Krstajic berharap memori itu bisa diulangi bersama Serbia saat dirinya sebagai pelatih.

Sementara itu, pelatih Swiss Vladimir Petkovic mencoba untuk merendah. Dia mengatakan Serbia bukan kuda hitam, melainkan tim berkualitas di Piala Dunia 2018. "Serbia tim yang sangat merata secara kekuatan individu di depan, tengah, dan belakang. Tapi kami termotivasi setelah menahan imbang Brasil," tutur Petkovic seperti dilansir FIFA.com.

Benar, keberhasilan menahan imbang Brasil telah membuat Swiss makin pede. Mereka punya motivasi dan modal untuk bisa meraih kemenangan pertama di Piala Dunia 2018 sekaligus membuka peluang melaju ke babak 16-besar. (nue/jpg)

Perkiraan Susunan Pemain:

Serbia (4-5-1): 1-Vladimir Stojkovic; 6-Branislav Ivanovic, 15-Nikola Milenkovic, 3-Dusko Tosic, 11-Aleksandar Kolarov; 21-Nemanja Matic, 4-Luka Milivojevic, 20-Sergej Milinkovic-Savic, 10-Dusan Tadic, 17-Filip Kostic; 9-Aleksandar Mitrovic

Pelatih: Mladen Krstajic

Swiss (4-2-3-1): 1-Yann Sommer; 2-Stephan Lichtsteiner, 22-Fabian Schaer, 5-Manuel Akanji, 13-Ricardo Rodriguez; 11-Valon Behrami, 10-Granit Xhaka; 23-Xherdan Shaqiri, 15-Blerim Dzemaili, 14-Steven Zuber; 9-Haris Seferovic

Pelatih: Vladimir Petkovic

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-serbia #timnas-swiss #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN