Senin, 24 September 2018 05:12 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Meksiko Gulung Korsel, Chicharito juga Ukir Rekor

Redaktur: Redjo Prahananda

Javier Hernandez menjadi pemain pertama Meksiko yang mencetak 50 gol bagi negaranya (AFP)

INDOPOS.CO.ID - Timnas Meksiko berhasil meraih kemenangan kedua di fase Grup F Piala Dunia 2018. Tim asuhan Juan Carlos Osorio itu menang 2-1 atas Korsel, Sabtu (23/6) malam WIB di Stadion Rostov Arena. Eks striker Arsenal, Carlos Vela, mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit 27. Kemudian, Javier "Chicharito" Hernandez menggandakan keunggulan pada menit 66.

Kemenangan itu dihiasi rekor menawan yang ditorehkan Chicharito. Striker yang juga kerap disapa Si Kacang Polong itu menjadi pemain pertama Meksiko yang mengoleksi 50 gol bagi timnas negaranya.

Sejak peluit awal dibunyikan, kedua tim langsung memeragakan permainan agresif. Meksiko tetap pada ciri khasnya yakni bermain cepat dengan memadukan umpan pendek dan lambung. Sementara, Korsel mencoba meladeni dengan bermain terbuka.

Beberapa peluang didapat kedua tim. Baik Korsel maupun Meksiko terlihat ngotot untuk mencetak gol demi meraih kemenangan. Namun, keberuntungan berpihak kepada Meksiko.

Lewat sebuah tekanan, Andres Guardado berhasil merangsek ke area penalti Korsel. Dia kemudian bermaksud melepaskan umpan tarik. Namun, bola mengenai tangan Jang Hyunsoo yang bermaksud menahan laju bola sambil menjatuhkan diri.

Wasit Milorad Mazic langsung menunjuk titik putih karena terlihat jelas Hyunsoo sengaja menahan bola dengan tangan. Vela yang menjadi eksekutor berhasil menunaikan tugasnya. Meksiko memimpin 1-0 pada menit 27. Itu merupakan penalti ke-14 hingga saat ini di Piala Dunia 2018. Lebih banyak dari penalti di Piala Dunia 2014 yang hanya 13.

Selepas gol, Korsel berusaha untuk membalas. Son Heungmin mendapat peluang pada menit 39 setelah lolos dari jebakan offside. Namun, sontekan bolanya saat sudah one one one gagal berbuah gol. Guillermo Ochoa berhasil menutup ruang tembaknya.

Beberapa saat kemudian, Meksiko mendapat peluang lewat Hirving Lozano. Namun, Lozano yang bisa lolos dari penjagaan para bek Korsel gagal mengoversi peluang menjadi gol. Tendangannya masih melambung. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Setelah unggul 1-0 berkat penalti Carlos Vela pada babak pertama, El Tri tak mengendurkan serangan pada babak kedua. Tim asuhan Juan Carlos Osorio itu terus berusaha mendapatkan tambahan gol.

Upaya Meksiko tak sia-sia. Lewat sebuah serangan balik setelah berhasil mencuri bola dari penguasaan pemain Korsel, Hirving Lozano menggiring bola ke depan. Dia kemudian menyodorkan bola ke arah Hernandez. Dia kemudian menggocek bola dan mengecoh Jang Hyunsoo dan lantas melepaskan tembakan datar. Gol! Meksiko memimpin 2-0.

Bagi Si Kacang Polong, itu adalah gol ke-50 bersama Timnas Meksiko. Hernandez menjadi pemain pertama Meksiko yang mampu mencetak 50 gol bagi negaranya.

Korsel tak menyerah meski tertinggal 0-2. Mereka terus memberikan tekanan. Akhirnya, Korsel berhasil mencetak gol pertama di Piala Dunia 2018 lewat Son Heungmin pada masa injury time. Tendangan kaki kirinya hasil umpan Lee Jaesung tak bisa diantisipasi oleh Gullermo Ochoa. Namun, itu hanya sebagai gol hiburan karena tak lama berselang pertandingan berakhir. Meksiko unggul 2-1.

Bagi Korsel, dua kekalahan tersebut membuat peluang mereka ke babak 16-besar nyaris tertutup. (jpg)

Susunan Pemain:

Korea Selatan (4-3-3): 23-Jo Hyeonwoo; 2-Lee Yong, 19-Kim Younggwon, 20-Jang Hyunsoo, 12-Kim Minwoo (14-Chul Hong 84); 16-Ki Sungyueng, 8-Ju Seejong (10-Lee Seungwoo 64), 17-Lee Jaesung; 11-Hwang Heechan, 7-Son Heungmin, 18-Moon Seonmin (15-Jung Wooyoung 77)
Pelatih: Tae-yong Shin

Meksiko (4-3-3): 13-Guillermo Ochoa; 3-Carlos Salcedo, 21-Edson Alvarez, 15-Hector Moreno, 23-Jesus Gallardo; 7-Miguel Layun, 16-Hector Herrera, 18-Andres Guardado (4-Rafael Marquez 68); 11-Carlos Vela (10-Giovani dos Santos 77), 14-Javier Hernandez, 22-Hirving Lozano (17-Jesus Corona 71)
Pelatih: Juan Carlos Osorio


TOPIK BERITA TERKAIT: #javier-hernandez #piala-dunia-2018 #timnas-meksiko #timnas-korea-selatan 

Berita Terkait

IKLAN