Kamis, 15 November 2018 11:25 WIB
pmk

Hukum

Sambangi KPK, Mahfud MD Beri Support Berantas Korupsi

Redaktur: Riznal Faisal

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD

INDOPOS. CO.ID - Mahfud MD tampak menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (25/6) sekitar pukul 11.55 WIB. Kedatangannya saat itu adalah untuk memberikan support kepada Lembaga Antirasuah dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Di KPK saya mengatakan agar KPK mengambil peran disini secara khusus, tanpa pandang bulu dan tanpa tebang pilih.  Supaya KPK tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat," kata mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu kepada media di Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan,  Senin (25/6).

Menurut Mahfud, kritik terhadap KPK banyak. Mumpung ini Idul Fitri, tentu kritik itu bisa jadi masukan sehingga akan tetap kokoh, khususnya dalam penanganan tindak pidana korupsi.

"Jadi saya bicara banyak, lebih bicara keagamaan dan hal hal terkait kenegaraan. Idul Fitri artinya kembali ke jati dirinya. Jati diri kita adalah negara kebangsaan yang membangun negara secara gotong royong, untuk membangun kekuatan bukan dengan satu kelompok,"tegasnya.

Mahfud juga mengatakan,  sebaiknya KPK itu tetap menjadi satu lembaga pemberantasan korupsi dan sebagai lembaga yang khusus.

"Dengan demikian perlu diberi wewenang khusus, dan itu bagian dari politik hukum nasional. Jangan dikatakan politik hukum nasional itu harus kodifikasi, tidak. Tapi, tetap harus ada hukum-hukum khusus yang memang merupakan wadah untuk memberikan treatment khusus terhadap jenis tindak pidana tertentu. Itu aspirasi yang saya sampaikan, dan mungkin ada kesamaan dengan KPK," jelasnya.

Mahfud juga berharap agar KPK jangan sampai mati. Keberadaan KPK itu sama sekali tidak melanggar politik hukum, tidak melanggar konstitusi. "Yang penting kalau ada kritik,  dijadikan perbaikan untuk kedepan. Tetapi, lembaga ini ternyata terbukti sangat efektif melaksanakan tugasnya di tengah keterbatasan, "turupnya. (nue)

 

 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #mahfud-md #kpk 

Berita Terkait

IKLAN