Senin, 24 September 2018 04:56 WIB
pmk

Nasional

Ini Curhat Susi Sepulang dari Oslo

Redaktur: Riznal Faisal

INDOPOS.CO.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan mengadakan halal bihalal di rumah dinas, Widya Chandra 5, No 26, Senin (25/6) sore ini. Kabarnya Susi akan bercerita tentang perjalanannya kunjungan kerjanya Oslo Selasa (19/6) lalu.

Dalam kunjungan kerja meski dalam suasana libur Lebaran, Susi bertemu dengan perwakilan beberapa negara seperti  Norwegia, Jepang, Australia, Portugal, Meksiko, Palau, Fiji, Chile dan Namibia di Museum Kemaritiman Norwegia.

Susi Pudjiastuti membahas secara komprehensif isu-isu kelautan di forum tersebut seperti halnya redefinisi tata kelola laut bebas. Termasuk pengaturan dan pengawasan laut bebas yang kini dijadikan locus berbagai kejahatan di laut; hak laut (ocean rights); pengembangan wilayah kawasan lindung di laut (marine protected areas); kejahatan perikanan  lintas negara yang terorganisir (transnational organized fisheries crime).

“Banyaknya komitmen penyelamatan laut merupakan hal yang positif sebagai wujud peningkatan kesadaran negara. Common platform menjadi basis pengembangan komitmen,  sehingga kekhawatiran komitmen hanya sebatas di atas kertas dapat dihindari,” ujar Susi.

Susi mengusulkan agar pertemuan tingkat tinggi  ini perlu bersinergi dengan platform  Our Ocean Conference (OOC). Our Ocean Conference  dalam pengumpulan komitmen penyehatan laut.  Khususnya, dalam membangun ekonomi kelautan yang berkelanjutan dan pemenuhan target SDGs, khususnya SDGs 14 pada  2020 dan 2030.

Pertemuan tingkat tinggi mengenai ekonomi kelautan yang berkelanjutan ini dihadiri pula oleh Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Menurut Sekjen PBB, tidak banyak inisiatif yang dibuat secara khusus dan komprehensif mengenai ekonomi kelautan berkelanjutan.

“Diperlukan suatu wadah atau forum internasional, yaitu high level panel ini untuk mengumpulkan dan membahas isu prioritas bersama sehingga menghasilkan roadmap untuk melindungi laut,” pungkasnya. (nel)


TOPIK BERITA TERKAIT: #susi-pudjiastuti #kkp 

Berita Terkait

IKLAN