Selasa, 25 September 2018 08:16 WIB
pmk

Megapolitan

Pilkada Dimulai, KPU Tangerang Raya Optimis Berjalan Lancar

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota Tangerang mengaku optimistis penyelenggaraan Pilkada 2018 dengan calon tunggal berjalan lancar.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane percaya diri perhelatan lima tahunan ini berjalan lancar dan sesuai rencana pada Rabu,(27/6). Terlebih, seluruh tahapan pesta politik ini telah disosialisasikan ke semua lapisan masyarakat.

"Optimis saja pasti berjalan lancar. Masyarakat sudah mengetahui pelaksanaan kegiatan ini.  Banyak faktor membuat kami percaya semua berjalan aman," kata dia, Selasa (26/6).

Sanusi menjelaskan, terdapat beberapa faktor pendukung membuat pelaksanaan Pilkada  berjalan lancar. Seperti, calon kepala daerah cuma  maju hanya satu pasangan. Kemudian penjagaan ketat dari Kepolisian dan TNI.

"Sejauh ini tidak ada kendala. Apa pun kondisinya, KPU Kota Tangerang siap menunaikan tahapan yang sudah ditetapkan," ungkap dia.

Mengenai soal perhitungan suara sah karena animo pemilih menurun, KPU menggunakan metode 50+1 suara sah, bukan dari jumlah pemilih keseluruhan. Berarti, KPU hanya menghitung jumlah suara sah di tempat pemungutan suara (TPS).

"Telah disepakati bersama. Kalau perhitungan ini di dapat paslon tunggal mereka pasti menang, tapi kalau tidak, kalah. Memang seperti ini kalau Pilkada dengan calon tunggal," papar dia

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Akhmad Jamaludin menegaskan, jika persiapan pilkada calon tunggal di wilayah tersebut telah 100 persen dilaksanakan. Kata dia, pihaknya akan segera mendistribusikan surat suara ke ribuan TPS yang ada di 29 kecamatan.

Jamaludin menambahkan, jumlah pemilih  1.843.188 orang, yang terdiri atas 931.676 laki-laki dan 911.512 perempuan. Sedangkan, jumlah TPS mencapai 4.511 . Bahkan untuk mengawal pelaksanaan Pilkada tersebut penyebaran 100 anggota PPK dan 576 PPS di setiap TPS-TPS. (cok)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pilkada-serentak-2018 #kpu 

Berita Terkait

KPU: OSO Tak Penuhi Syarat Pencalonan Anggota DPD

Nasional

DPD Desak KPU Patuhi Putusan MK

Nasional

KPU Cantumkan 41 Bekas Koruptor ke DCT

Nasional

IKLAN