Selasa, 20 November 2018 11:01 WIB
pmk

Internasional

Iran Ajukan 15 Tuntutan ke AS

Redaktur:

TANGGAPI PERNYATAAN - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif meminta AS berhenti menyediakan senjata bagi Arab Saudi, yang dianggapnya telah menginvasi Yaman. AFP PHOTO

INDOPOS.CO.ID - Iran membalas tuntutan Amerika Serikat. Lewat dokumen berjudul "Kebijakan Luar Negeri AS Dalam Krisis" Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membe­berkan daftar 15 tuntutan untuk memperbaiki hubungan dengan AS, termasuk kembalinya AS ke kesepakatan nuklir tahun 2015.

Menurut Zarif, AS telah menjadi "negara nakal" dengan berulang kali melanggar hukum internasional. Dia meminta AS berhenti menyediakan senjata bagi Arab Saudi, yang diang­gapnya telah menginvasi Ya­man. Dia juga menuntut AS menghentikan larangan terhadap perlucutan nuklir Israel.

Zarif menambahkan bahwa Iran tidak akan bernegosiasi dengan negara yang gagal mere­laisasikan janji-janjinya dan yang berusaha menyabotase perjanjian multilateral negara lain.

Pernyataan Zarif setebal 13 halaman ini merupakan tang­gapan atas 12 tuntutan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo untuk Iran. Tun­tutan Pompeo menyusul kes­epakatan "baru" dengan Iran setelah keluarnya Washington dari perjanjian nuklir multilateral kesepakatan Rencana Aksi Ber­sama Komprehensif (JCPOA).

Zarif menulis, "Keluarnya AS dari beberapa perjanjian interna­sional membahayakan stabilitas komunitas internasional. AS menjadi negara nakal dan pen­jahat internasional." tulisnya. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #iran 

Berita Terkait

AS Yakin Dalam 180 Hari Iran Hancur

Internasional

Iran Kirim Rudal ke Syria

Internasional

Iran Sebut Nuklir Israel Ancaman Dunia

Internasional

Iran Pamer Jet Buatan Dalam Negeri

Internasional

Kenalkan Si Bandit, Produk Anyar Besutan Suzuki

Tekno

Perempuan Iran Sampaikan Protes Lewat Joget

Internasional

IKLAN