Senin, 24 September 2018 04:50 WIB
pmk

Politik

Raih 8 Kemenangan Pilgub Versi QC, Nasdem Layak Pimpin Koalisi Jokowi Dibanding PDIP

Redaktur: Ali Rahman

Pengamat Politik Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie.

INDOPOS.CO.ID - Partai NasDem yang diketuai Surya Paloh membuat kejutan pada pilkada serentak 2018 dengan menggusur partai-partai besar, khususnya pendukung partai Jokowi, yakni Golkar, PKB dan PDIP.

Atas dasar ini, menurut pengamat politik Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie, Partai besutan Surya Paloh itu layak memimpin gerbong Jokowi.

"NasDem sebagai partai yang terhitung baru di kancah politik telah mengejutkan publik menjadi peraih terbanyak di Pilgub 2018 dengan 8 kemenangan. Maka partai itu bagi saya layak jadi pemimpin gerbong yang mengatur strategi koalisi untuk kemenangan Jokowi di Pilpres dibanding PDIP yang hanya meraih 4," kata Jerry kepada INDOPOS, Rabu (27/6).

Kemenangan terbesar NasDem, menurutnya ada di Jawa Barat. Partai Demokrat yang awalnya punya kans pemenang di Jabar dengan mengusung Dedi Mizwar, malah berhasil memenangkan Ridwan Kamil dan mengalahkan PDIP yang mengusung TB Hasanuddin.

"Jadi dari 13 Provinsi yang diadakan Quick count oleh lembaga survei, NasDem mampu melibas partai besar lainnya. Dan menang di Pilgub, khususnya Jabar akan menjadi barometer pada pilpres," jelasnya.

Racikan NasDem dalam koalisi Pilgub inilah, lanjut Jerry, yang harus jadi rujukan Jokowi jika ingin kembali menang dua periode di pemilu 2019. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pilkada-serentak-2018 #partai-nasdem #surya-paloh #indonesia-public-institute #jerry-massie 

Berita Terkait

IKLAN