Minggu, 23 September 2018 12:10 WIB
pmk

Fashion

Pasar Tiban, Peduli UKM ala Anne Avantie

Redaktur:

CINTA UKM-Pasar Tiban Anne Avantie tahun ini digelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Foto: JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Desainer kondang Anne Avantie sudah meniti karir sejak 29 tahun silam. Pernah mengalami pahit dan jatuh bangun di industri fashion, kini karyanya sudah mendunia.

Desainer yang terkenal karena berbagai kebaya fenomenalnya itu tidak ingin maju sendirian. Dia mencari cara, agar para pembatik dan desainer rumahan bisa dikenal dan karya mereka dibeli orang.

Muncullah ide Pasar Tiban, dimana dirinya mengajak pelaku UKM batik untuk menjual dagangan mereka disana. Tahun ini, Pasar Tiban digelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, 26 Juni-1 Juli mendatang.

"Tahun ini tema yang saya usung adalah ”Karya Batik Nusantara”. Saya ingin kesuksesan tidak hanya dirasakan sendiri, melainkan juga dirasakan para pelaku UKM. Mereka sudah konsisten membatik,” ungkap Anne, Rabu (27/6).

Menurutnya, masih banyak produk UKM yang sulit diterima pasar, karena kurang promosi. Mereka juga, lanjut dia, tidak mendapat kesempatan untuk menunjukkan kualitas batik mereka.

Tidak hanya memberi tempat bagi para UKM batik, di Pasar Tiban, pengunjung juga bisa mencicipi penganan tradisional. Mulai dari pecel, rujak, dan es dawet.

Suasana ”kampung” terasa sekali disana. Bahkan, pihaknya menggandeng komunitas "Kampoeng Hompimpa" yang mengajarkan edukasi mengenai permainan tradisional Indonesia, sarat akan nilai-nilai serta filosofi kebaikan seperti empati, sosial, kerja sama dan saling tolong menolong. 

"Jadi disini banyak pedagang yang siap menawarkan produk mereka dan disesuaikan dengan kantong masing-masing. Ini kali kedua kami bekerja sama dengan Anne Avantie,” ujar Senior Manager Mal Kokas Agung Gunawan. (ibl) 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pasar-tiban #anne-avantie 

Berita Terkait

IKLAN