Minggu, 18 November 2018 08:13 WIB
pmk

Nasional

Pernak Pernik Pilkada Serentak 2018

Redaktur:

UNIK-Odong-Odong di TPS RW 003, Depok Jaya, Pancoranmas, Depok (kiri) dan di TPS 7 Randusari, Semarang Selatan petugas berkostum pocong.

INDOPOS.CO.ID - Seperti dalam pesta demokrasi sebelumnya, beragam cara dilakukan petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menjaring calon pemilih dalam Pilkada Serentak, Rabu (27/6) yang digelar di 171 daerah.   

Seperti di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar). Dalam memeriahkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018, petugas TPS di RW 003, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, menyediakan mobil odong-odong untuk menjemput pemilih yang sebagian besar para lanjut usia (lansia) dan berkebutuhan khusus (difabel).

Sejumlah lansia, difabel, dan anak-anak terlihat memanfaatkan fasilitas penjemputan mobil odong-odong. Kendaraan unik ini  berkeliling di Perumnas Depok seperti Jalan Nenas Raya, Jalan Durian Raya, Jalan Nenas 6 dan Jalan Pepaya. Petugas-petugas Zona TPS berteriak memanggil warga-warga untuk naik odong-odong.

Ketua RW 003 Nuryadin Rahman mengatakan, disediakan kendaraan tersebut untuk mempermudah warga-warga lansia dan difabel dalam menggunakan hak pilih dalam Pilkada Jabar 2018. Apalagi, wilayah tersebut mayoritas dihuni lansia dan difabel. "Odong-odong menjemput dari pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB. Ini memang sudah kesepakatan kami dengan warga," katanya saat ditemui di TPS Lapangan Nenas, Rabu (27/6).

Sementara itu, di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), para petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 007, Gunung Brintik, Randusari, Semarang Selatan berpenampilan horor. Seluruh petugas mulai dari penerima tamu, pemberi surat suara dan tinta hingga penjaga kotak suara dengan kompak memakai kostum ala makhluk halus seperti Kuntilanak, Pocong, Genderuwo, dan sebagainya.

Di dalam ruangan TPS juga ditabur dengan bunga-bunga yang biasa dibawa untuk ziarah ke kuburan.  "Kami mengangkat tema horor karena berada di lingkungan sekitar pemakaman Bergota. Ini kami lakukan agar warga tertarik datang ke TPS melakukan pencoblosan," kata Ketua KPPS TPS 007 B, Krisyanto kepada wartawan. Diketahui jumlah pemilih di TPS ini, kata dia, ada 340 terdiri pemilih laki-laki ada 171 dan pemilih perempuan ada 169.

Di lain pihak, di Bandung ada pula TPS Piala Dunia 2018 seperti di TPS 21 Kota Bandung. Bahkan Calon Gubernur Jabar nomor urut satu Ridwan Kamil saat mencoblos mengenakan jersey Spanyol, sedangkan istrinya, Atalia Praratya jersey Portugal dan putranya, Emmiril Khan kaos Inggris. Pilgub Jabar diikuti empat pasang cagub dan cawagub dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 31.735.133 pemilih. _’

Sedangkan di TPS 11 Kampung Cinderejo Lor, Gilingan, Solo, Jawa Tengah mengangkat tema Kampung ASEAN dan juga sebagai ajang untuk mensosialisasikan ASEAN Games XVIII/2018 yang akan digelar Agustus mendatang

Keunikan lain juga tampak di TPS 6, Gandekan, Solo, Jawa Tengah. Petugas KPPS setempat mengenakan seragam siswa sekolah dasar (SD). Sementara di TPS Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur bernuansa Pewayangan. Para petugas ada yang berkostum sebagai sosok Rama, Sinta, Rahwana serta Punakawan.  (cok/dil/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #boks #feature 

Berita Terkait

IKLAN