Sabtu, 17 November 2018 08:26 WIB
pmk

Politik

Hasil Pilkada Harus Disikapi Secara Dewasa

Redaktur: Sicilia

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar.

INDOPOS.CO.ID - Pemungutan suara pemilihan kepala daerah di 171 daerah telah selesai. Hasil quick count juga sudah diketahui. Tinggal menunggu rekapitulasi penghitungan suara resmi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar meminta, siapapun yang ditetapkan menjadi pemenang agar menunjukkan sikap dewasa. Begitu juga dengan Paslon yang kalah, harus menerima kekalahan dengan legowo.

"Begitu juga bagi pendukung dan tim sukses yang calonnya menang jangan terlalu euforia. Kemenangan dalam kontestasi politik hakikatnya kemenangan untuk semua. Kemenangan untuk masyarakat, mari saling menjaga dan berdamai," imbaunya di Jakarta, Kamis (28/6).

Sementara untuk paslon dan pendukung yang kalah, Bahtiar berharap, kubu yang kalah, tak lantas marah. Idealnya legowo, ikhlas menerima kekalahan.

Tapi, lanjut dia, memang bila merasa belum puas, karena menganggap ada catatan dalam kontestasi, dipersilahkan menempuh jalur sesuai aturan. "Kubu yang kalah bisa menggugat misalnya ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dan, kalau menyangkut pelanggaran etik penyelenggara, bisa layangkan pengaduan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Terkait pelanggaran dalam tahapan pemilihan, sudah ada panitia pengawas," sambungnya.

Bahtiar menegaskan, Pilkada merupakan bentuk konkrit proses pembangunan peradaban demokrasi di Indonesia. Dikatakan, ciri demokrasi yang beradab adalah ketika semua aktor yang terlibat pada prosesnya mampu menyelesaikan perbedaan melalui jalur hukum.

"Mari patuh dan menjunjung tinggi hukum yang berlaku. Tempuh jalur-jalur sesuai aturan demi bersama menjaga kondusif dan keutuhan persatuan," pungkasnya. (asp)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pilkada-serentak-2018 #mengawal-pilkada-bersih #kemendagri 

Berita Terkait

IKLAN