Rabu, 19 September 2018 02:42 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Jepang-Senegal jadi Harapan Asia dan Afrika

Redaktur:

Bintang Senegal, Sadio Mane.

INDOPOS.CO.ID - Sudah 12 negara yang memastikan tiket lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018.  Dengan Eropa mengirim delapan wakil, dan Amerika dengan empat wakilnya. Belum termasuk Inggris dan Belgia dini hari nanti WIB cuma memainkan laga penentu posisi juara grup G. Nah siapa pemilik dua tiket tersisa?

Akankah Kolombia menambah dominasi wakil Amerika? Atau Jepang dan Senegal yang memecahkan dominasi Eropa-Amerika di dalam fase knockout? Terutama dengan Senegal yang kembali ke Piala Dunia setelah 16 tahun dan mengusung romansa perempat final 2002. ''Mimpi ada di tangan kami,'' koar center back Senegal Kalidou Koulibaly, dikutip Africa News.

Meski Kolombia-lah yang menjadi rintangan Les Lions de la Téranga – julukan Senegal, pada Matchday krusial Grup G di Cosmos Arena, Samara, malam nanti WIB (Siaran Langsung Trans TV pukul 21.00 WIB). ''Gaya mainnya (Kolombia) mirip dengan kami, sangat tergantung dengan kemampuan fisik, lebih cepat bergerak,'' tambah gelandang Alfred Ndiaye.

Dibandingkan Polandia dan Jepang sebagai dua lawan Sadio Mane dkk sebelumnya, Los Cafeteros -julukan Kolombia- lebih on fire. Performa Kolombia yang sempat ditekuk Jepang di laga pembuka 1-2 (19/6), kembali ke winning track-nya dengan menghabisi Polandia dengan 3-0 (25/6).

Tune in-nya James Rodriguez, stabilnya Juan Quintero dan Radamel Falcao yang sedang berambisi menambah koleksi golnya saat debut Piala Dunia-nya jadi ancaman defense Senegal. Hati-hati di atas menit ke-75. Itu pesan bagi Senegal setelah kebobolan tiga gol dalam fase grup ini. ''Tak boleh terjadi lagi, karena ini laga yang tak boleh kalah. Kami akan memberi segalanya agar lolos ke fase knockout,'' pesan pemain 23 caps itu.

Jose Pekerman, entrenador Kolombia, menganggap anak asuhnya sudah bermain seperti yang dia mau. ''Bermain seperti satu kesatuan. Kini kami ada di posisi terbaik,'' koar Pekerman, kepada Caracol TV. Cukup dengan mengalahkan Senegal, begitulah cara Falcao dkk kembali di fase knockout Piala Dunia seperti empat tahun lalu di Brasil.

Namun, bek Yerry Mina menyarankan ke rekan-rekannya agar hati-hati dengan surprise-nya negara-negara di luar poros kekuatan sepak bolal dunia, Eropa-Amerika. Pengalamannya di saat takluk atas Jepang atau histori disingkirkan Kamerun dari 16 Besar Piala Dunia 1990 harus jadi perhatiannya. ''Membumi lagi melawan Senegal,'' pinta bek Barcelona itu seperti dikutip di AS.

Bek 23 tahun itu menyebut satu kunci caranya agar menghabisi Senegal lebih cepat. ''Ya, dengan mencoba mencetak gol, bahkan sejak menit nol,'' imbuh Mina yang sudah mencetak gol debut Piala Dunia-nya melawan Polandia itu. Pekerman bermodal 43,4 persen skuad yang pada Piala Dunia 2014 mencapai fase tertinggi sepanjang histori Kolombia.

Di atas kertas, peluang Jepang memastikan satu dari dua tiket lolos ke 16 Besarnya lebih terbuka. Polandia sebagai lawan Blue Samurai -julukan Jepang- tim terbawah, dan belum sekali pun memenangi laga fase grup. Imbang saja sudah cukup bagi Makoto Hasebe dkk berpentas di fase knockout Piala Dunia seperti di edisi 2010.

Sekaligus meneruskan siklus dua edisi Jepang lolos dari fase grup. ''Jepang bukan tipikal tim yang puas dengan satu angka, kami akan coba lebih all out,'' tutur Hasebe, seperti dikutip di Japan Times. ''Daripada sibuk hitung-hitungan, fokus kami tetap tiga angka,'' tambah gelandang Eintracht Frankfurt itu.

Shinji Okazaki, striker Jepang sekaligus pemain dengan caps terbanyak di skuad besutan Akira Nishino (115 caps) mengingatkan bahayanya Polandia. Dengan sudah tak bermakna apa-apa, Robert Lewandowski dkk bisa main lebih lepas. Itu yang bisa jadi bumerang kalau pemain Jepang meremehkannya. ''Lihat Maroko yang bisa menahan Spanyol (2-2, 26/6). Itu bukti tidak ada lawan mudah di Piala Dunia,'' sebut Okazaki. Maroko sama seperti Polandia, sudah tak lagi lolos ke 16 Besar. ''Situasi kami belum aman, tiap pemain yang di skuad ini memperhatikannya dan Polandia tetap lawan yang sulit,'' tambah bomber Leicester City itu. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-jepang #timnas-senegal #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN