Jumat, 21 September 2018 05:06 WIB
pmk

Banten Raya

Panitia Jamin PPDB Online Banten Transparan

Redaktur: Sicilia

Panitia PPDB Online Banten didatangi puluhan orangtua siswa, Kamis (28/6)

INDOPOS.CO.ID - Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Provinsi Banten 2018 menjamin, penerimaan calon siswa baru melalui online transparan dan akuntabel. Sehingga orangtua murid tidak perlu khawatir anaknya tidak diterima di sekolah favorit. Sepanjang memenuhi passing garde yang ditentukan di masing masing sekolah.

Hal ini dikatakan oleh Teddy Rukmana, selaku panitia PPDB Banten kepada sejumlah orangtua murid yang mendatangi command centre Diskominfo Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Serang, Kamis (28/6). "Bagi orangtua murid yang anaknya sudah terdaftar dan masuk dalam zona aman tidak perlu khawatir. Meski namanya hilang dalam pengumuman sementara, karena kami menjamin penerimaan calon siswa baru transparan dan akuntabel, sesuai dengan arahan dari Pak Gubernur,” ujar Teddy yang juga mantan Sekdis Dikbud Banten ini dihadapan sejumlah orangtua murid yang nama anaknya hilang dalam pengumuman sementara PPDB online.

Dia mengatakan, untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri Banten memilih sekolah yang diinginkan, pihaknya memperpanjang masa pendaftaran online selama tiga hari hingga tanggal 30 Juni 2018. Termasuk bagi siswa yang ingin pindah mendaftaran ke sekolah lain dapat dilakukan hingga tanggal 30 Juni.

"Yang tidak bisa itu, jika sudah mendaftar ke SMA secara online lalu pindah mendaftar ke SMK dan sebaliknya, itu tidak bisa.Yang ingin pindah pendaftaran sekolah, harus dari SMA ke SMA dan dari SMK ke SMK,” terangnya.

Menurut Teddy, diperpanjangnya masa pendaftaran sekolah oleh Disdkibud, mengingat banyak orangtua calon peserta didik baru yang anaknya didaftarkan pada PPDB tahun ini belum bisa mendaftar. Atau ada yang ingin pindah sekolah tujuan.

Terpisah, Ketua PPDB Provinsi Banten Joko Waluyo mengatakan, perpanjangan juga disebabkan masa waktu PDDB sebelumnya banyak hari libur.  "Seperti hari kemarin contohnya ada pilkada serentak,  walaupun dinyatakan hari libur tapi banyak masyarakat di daerah yang sedang menyelenggarakan Pilkada harus datang ke TPS," terang Joko,Kamis (28/6) .

Ditambahkan Joko,  Sebelumnya pihaknya sudah melayangkan nota dinas kepada Gubernur Banten untuk mendapatkan persetujuan terkait hal ini dan Gubernur menyetujui ditambah waktunya. “Pesan pak Gubernur, jika memang untuk  memberikan pelayanan kepada masyarakat, apalagi jika masyarakat masih sangat membutuhkannya. Pak Gubernur berpesan kepada Panitia, agar penambahan waktu ini harus ditunjang dengan peningkatan pelayanan yang baik,  jangan ada kendala aplikasi jaringan atau hal teknis lainnya,” tutur Joko.
Selain itu, banyak juga calon peserta didik baru yang akan pindah sekolah karena tidak masuk dalam passing grade sekolah tujuan pertamanya. "Setidaknya dengan penambahan waktu ini, para calon siswa ataupun orangtuanya dapat mendiskusikan terlebih dahulu sebelum memilih alternatif ke dua sekolah yang akan ditujunya", pungkas Joko. 

Maman Suparman, salah seorang calon siswa di salah satu SMA Negeri di Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, menyambut gembira adanya perpanjangan waktu pendaftaran. Sehingga anaknya dapat menimbang kembali untuk memilih sekolah yang diinginkan.   

"Dengan adanya kebijakan perpanjangan waktu pedaftaran ini, anak saya dapat menimbang kembali sekolah yang dituju. Mengingat passing grade anak saya dibawah yang ditetapkan oleh sekolah,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, masa pendaftraan PPDB Banten yang semula dari tanggal  21-27 Juni 2018 menjadi tanggal  21-30 Juni 2018, dan pengumuman akan tetap dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2018.

Dan selama perjalanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini sejak awal pelaksanaan hingga akhir akan terus diawasi oleh Inspektorat Provinsi Banten. Hal ini untuk mencegah terjadinya praktik-praktik penyimpangan dalam pelaksanaannya. (yas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ppdb-online #pendidikan #banten 

Berita Terkait

Prancis Bebas Gawai di Tahun Ajaran Baru

Internasional

WH Gandeng Ansor di Pendidikan Gratis

Banten Raya

Berbagi Petualangan Lewat Buku

Lifestyle

IKLAN