Rabu, 14 November 2018 06:38 WIB
pmk

Tekno

All New Ertiga Siap Diekspor

Redaktur:

CANTIK ELEGAN-PT Suzuki Indomobil Sales bakal mengekspor All New Ertiga ke 20 negara. Tampak tampilan mobil yang bakal menggebrak penjualan perusahaan. DEWI MARYANI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Sukses pasarkan all new Ertiga dengan pencapaian penjualan hingga 6.772 unit hanya dalam waktu sebulan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana akan melakukan ekspor model tersebut. Setidaknya ada 20 negara yang menjadi incaran seperti negara-negara Asia, Oceania, Amerika Selatan dan Karibia.

Head of Product Development & Marketing Research PT SIS, Harold Donnel mengatakan itu akan terwujud jika sesuai rencana. ''Tidak perlu lama-lama kami akan ekspor, kurang lebih di September sehingga akan memacu perekonomian Indonesia secara tidak langsung,'' ujarnya disela media test drive di Bali, Kamis (28/6).

Perusahaan memperkirakan akan mulai melakukan ekspor all new Ertiga pada September 2018. ''Saat ini masih dalam tahap menunggu permintaan dari beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor,'' ungkap Harold.

Dia mengungkapkan, produk ekspor yang akan dilakukan juga harus menyesuaikan dengan regulasi kendaraan yang ada di setiap negara. Salah satunya penyesuaian posisi kemudi yang di beberapa negara menggunakan stir kiri. ''Kita harus penuhi regulasi di tiap negara, salah satunya mengenai posisi stir di sebagian negara menggunakan kiri dan kita akan penuhi itu,'' tukasnya.

Komposisi ekspor All New Ertiga itu pada tahun fiskal 2018 mencapai 12 ribu unit. Tahun lalu total ekspor Suzuki naik 44 persen menjadi sebanyak 22.861 unit.

Sedangkan ekspor kendaraan dalam bentuk terurai (CKD) Suzuki juga naik 65 persen  menjadi 35.064 unit dari 21.264 unit. Sekali lagi, Suzuki mampu melewati kinerja industri mobil nasional.

Suzuki APV menjadi model terbanyak yang diekspor, yakni sebanyak 16.308 unit. Meski begitu, Suzuki Ertiga mencetak lonjakan ekspor tertinggi hingga 95 persen menjadi 12.196 unit tahun lalu dari sebelumnya 6.258 unit. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #suzuki-indomobil-sales #new-ertiga 

Berita Terkait

IKLAN