Selasa, 18 September 2018 10:49 WIB
pmk

Ekonomi

Digodok, Satu Lot Berisi 20 Saham

Redaktur: Jakfar Shodik

Foto: Toni Suhartono/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Jajaran baru direksi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana merampingkan satuan perdagangan (lot size) dari 100 saham menjadi sekitar 50-20 saham per lot. Itu bertujuan meningkatkan transaksi dan likuiditas saham di pasar modal domestik. ”Kami akan meningkatkan transaksi dan likuiditas saham. Dahulu saat saya masuk di industri ini (pasar modal), satu lot ada 500 lembar dan sekarang menjadi 100 saham,” tutur Direktur BEI, Laksono Widodo usai RUPS BEI di Jakarta, Jumat (29/6).

Dia menjelaskan, upaya peningkatan transaksi dan likuiditas saham itu merupakan salah satu dari tiga program kerja strategis BEI untuk lima tahun ke depan. ”Supaya harga lebih murah, kami akan mengubah ukuran lot sekitar 50 sampai 20 saham. Sekarangkan 100 saham per lot,” imbuhnya.

Selain itu, Laksono melanjutkan, program utama BEI yang kedua pengembangan produk-produk baru. Menurutnya, saat ini produk investasi masih terbatas. Seperti diketahui, ketiga program utama itu akan didukung upaya perluasan jenis keanggotaan bursa dan peningkatan kapasitas Anggota Bursa (AB). ”Program kerja strategis ini harus ada dukungan dari seluruh pelaku pasar,” tandasnya. (mys/JPC)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #lot-saham #laksono-widodo #bei #pasar-modal 

Berita Terkait

IKLAN