Jumat, 16 November 2018 12:11 WIB
pmk

Nasional

KPU Waspadai Manipulasi Rekapitulasi Hasil Suara di Tingkat Kecamatan

Redaktur: Jakfar Shodik

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - KPU RI tengah mewaspadai potensi manipulasi data paskapemungutan suara pada setiap TPS. Sebab, dalam proses rekapitulasi data hasil suara yang dimasukkan form C-1 mulai dari tingkat TPS hingga pusat, rentan dimanipulasi oknum tertentu. ”Ada potensi sejumlah pihak memanipulasi (C1) di tingkat kecamatan,” tutur Komisioner KPU Viryan Aziz kepada wartawan di Kantor KPU Jakarta, Jumat (29/6).

Ia menjelaskan, dalam tahap rekap data biasa terjadi sesuatu tidak sesuai regulasi. Misalnya, ketidaksesuaian data hasil antara saksi dengan penyelenggara. Kata dia, terkadang para saksi di tingkat TPS juga tidak menggunakan form C1 yang diberikan KPU. Biasanya mereka menggunakan data rekapitulasi sendiri. ”Maka kami mengimbau jajaran berkoordinasi dengan KPU kalau terjadi di luar regulasi,” imbaunya.

Aziz menuturkan, masyarakat juga turut berpartisipasi dalam mengawal jalannya rekapitulasi ini. Dengan menggunakan smartphone masing-masing, masyarakat setidaknya bisa mendokumentasikan serta mengawalnya. ”Kami mengimbau masyarakat, silakan hadir menyaksikan dengan sungguh-sungguh, dan hasil pemilihn di TPS kan sudah ditempel. Bisa difoto dan yang sudah difoto ini dipegang dan nanti dibandingkan ketika dibaca, ternyata sama. Kalau tidak sama, nanti disampaikan lewat pengawas bahwa ini berbeda," tutupnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kecurangan #rekapitulasi-suara #manipulasi #kpu #viryan-azis 

Berita Terkait

DPT Sementara Capai 141,4 juta

Headline

Soal OSO, KPU Tunggu Salinan Putusan PTUN

Nasional

KPU Belum Putuskan Nasib Gugatan Oso

Nasional

IKLAN