Sabtu, 22 September 2018 10:30 WIB
pmk

Ekonomi

Tingkatkan Perekonomian, Ini yang Dilakukan Pemkab Karangasem

Redaktur: Ali Rahman

Bupati Karangasem, Bali, I Gusti Ayu Mas Sumatri. Foto: Deri Akhirianto/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Untuk menggenjot perekonomian masyarakat, sejumlah kepala daerah melakukan terobosan seperti mengembangkan Desa Preneur dan juga One Village One Produk. Seperti yang dilakukan oleh Bupati Karangasem, Bali, I Gusti Ayu Mas Sumatri. 

"Kami ada program Desa Preneur, membuat pengusaha muda di desa. 

Mengembangkan potensi, pertanian dan peternakan," ujar dia yang ditemui usai menjadi pembicara dalam talkshow Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018, di Jakarta Convention Center, Jumat (29/6). 

Produk pertanian yang dikembangkan seperti salak, kacang dan sebagainya. "Kami mempunya sektor pertanian yang cukup bagus juga wisata. Karena kita juga buat pariwisata spiritual," jelas I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Lebih lanjut ia mengatakan, di Kabupaten Karangasem juga terdapat 190 desa adat. Masing-masing punya kultur dan potensi yang beda. "Bagaimana mengembangkan potensi ekonomi kita bersinergi pemerintah dan juga dengan kepala desa," jelasnya.

I Gusti Ayu Mas Sumatri menambahkan, untuk meningkatkan perekonomian petani, pihaknya juga mewujudkan teknologi tepat gunanya. Sementara itu, Sekjen Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Bambang Budi Waluyo mengatakan, pihaknya mendukung anak muda untuk mau bertani.

"Jangan sampai generasi muda  sekarang bilang, wah masuk lumpur. Jadi tidak mau bertani. Padahal sekarang sudah ada teknologi yang membantu pertanian," pungkasnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-karangsem #desa-preneur #one-village-one-produk #asian-agriculture-and-food-forum-2018 

Berita Terkait

IKLAN